Usaha berbentuk firma biasa bergerak di bidang

Answered by wiki @


Usaha berbentuk firma biasanya bergerak dibidang layanan jasa seperti konsultasi hukum dan keuangan. Meskipun demikian, firma juga dapat bergerak di bidang non jasa seperti bidang perdagangan dan perindustrian. BIdang usaha berbentuk firma ini umumnya dijalankan oleh dua pihak atau lebih.

Pembahasan

Firma (Fa) adalah bentuk persekutuan usaha yang dijalankan oleh dua orang atau lebih dengan menggunakan satu nama yang sama. Badan usaha ini tergolong dalam persekutuan perdata dengan landasan hukum yang berasal dari Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) dan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

Pendirian, kelebihan, dan kelemahan

Pendirian suatu firma akan disepakati dalam suatu akta pendirian dimana masing-masing pihak yang ingin mendirikan badan usaha ini akan menyerahkan kekayaan masing-masing sesuai kesepakatan. Dari bentuk pendirian yang demikian, firma akan memiliki modal yang cenderung besar karena merupakan modal gabungan. Selain itu, firma juga memiliki struktur organisasi, pembagian keuntungan, dan pembuatan keputusan yang lebih jelas dan baik.

Namun, kelemahan dari badan usaha yang umumnya bergerak di layanan jasa hukum dan keuangan ini adalah setiap pihak yang terlibat dan menjadi anggota dari firma, maka akan memiliki tanggung jawab berkaitan dengan kekayaan pribadinya disamping keberadaan modal. Selain itu, dalam kondisi terburuk, kekayaan pribadi dapat menjadi objek jaminan firma ketika mengalami kerugian dan berdampak kepada seluruh pihak yang menjadi anggota.

Pelajari lebih lanjut

  1. Jenis-jenis firma – brainly.co.id/tugas/1304809
  2. Contoh firma – brainly.co.id/tugas/22416372
  3. Perbedaan firma dengan perseroan terbatas (PT) – brainly.co.id/tugas/44435873

Detil jawaban

Mata pelajaran: Ekonomi

Materi: Bab 7 – Konsep Badan Usaha dalam Perekonomian Indonesia

Kelas: 10 SMA

Kode kategorisasi: 10.12.7

#AyoBelajar

Leave a Comment