Tuliskan akibat rotasi bumi bagi kehidupan manusia

Answered by wiki @


Lima dampak rotasi bumi bagi kehidupan:

1. Terjadinya siang dan malam

2. Perubahan arah angin dan terbentuknya topan akibat efek Corriolis

3. Terjadinya perbedaan waktu di belahan Bumi yang berbeda

4. Bentuk Bumi yang pepat di bagian kutub dan tidak berupa bulat sempurna

5. Timbulnya medan magnet Bumi

Pembahasan:

Rotasi Bumi adalah pergerakan Bumi pada porosnya, menggerakkan Bumi dari barat ke timur. Waktu yang diperlukan oleh Bumi untuk melakukan 1 kali rotasi adalah sekitar 24 jam.  Dampak dari rotasi Bumi ini adalah:

1. Terjadinya siang dan malam

Dengan rotasi ini, bagian Bumi bergantian menghadap dan menjauhi matahari. Saat bagian Bumi menghadapi matahari, maka bagian ini mengalami waktu siang, sementara saat menjauhi matahari bagian Bumi ini mengalami waktu malam.  

Perpindahan dari menjauhi menjadi menghadap matahari akan menimbulkan peristiwa terbitnya matahari. Sebaliknya, dari menghadap ke menjauhi matahari akan menyebabkan peristiwa tenggelamnya matahari.  

2. Perubahan arah angin dan terbentuknya topan akibat efek Corriolis

Akibat rotasi atau pergerakan Bumi pada porosnya, angin yang bergerak di permukaan Bumi akan terpengaruh oleh perputaran ini dan berbelok arahnya. Peristiwa ini disebut efek Coriolis, yaitu fenomena defleksi (pembelokan arah) gerak sebuah benda pada sebuah kerangka acuan yang berputar, khususnya di permukaan Bumi. Akibat rotasi atau pergerakan Bumi pada porosnya, angin yang bergerak di permukaan Bumi akan terpengaruh oleh perputaran ini dan berbelok arahnya.  

Pola arus laut global atau gyre adalah sistem pergerakan arus laut di samudera lepas. Karena efek Coriolis ini, Gyre laut di belahan Bumi utara berputar searah jarum jam dan gyre laut di belahan Bumi Selatan berputar berlawanan arah jarum jam.  

Pada kondisi perbedaan suhu dan tekanan udara yang sangat tinggi, akan timbul angin yang kencang. Angin kencang ini akan berputar akiba tefek Corriolis dan menghasilkan hurricane atau topan.  

3. Terjadinya perbedaan waktu di belahan Bumi yang berbeda

Akibat rotasi Bumi pada orbitnya ini, terjadi perbedaan waktu, dimana bagian timur Bumi mengalami matahari terbit terlebih dahulu. Perbedaan ini menyebabkan terjadinya zona waktu.

Bumi dibagi dalam 360° dalam garis-garis imajiner (khayalan) yang membentang secara vertikal di Bumi, yang disebut garis bujur.  

Garis ini dimulai dari 0° yang berlokasi di Greenwich, London, Inggris Raya, ke arah timur sebanyak 180° Bujur Timur, dan kearah barat sebanyak 180° Bujur Barat. Pertemuan 180° Bujur Timur dan 180° Bujur Barat berada di Samudera Pasifik.

Karena terdapat 360° garis busur, sementara rotasi Bumi memerlukan 24 jam, maka dalam satu jam, Bumi menempuh:

1 jam = 360/24            

          = 15° garis busur

Sehingga, perbedaan 15° garis busur akan menyebabkan perbedaan waktu lokal sebesar 1 jam.

4. Bentuk Bumi yang pepat di bagian kutub dan tidak berupa bulat sempurna

Bumi adalah planet berbentuk bulat, namun dengan bentuk yang tidak bulat sempurna. Bumi memiliki bentuk agak pepat di kutub, dengan jari-jari Bumi lebih besar di daerah yang dekat Khatulistiwa, dengan radius sebesar sekitar 6378 kilometer di Khatulistiwa dan 6,356 di wilayah kutub.  

Radius Bumi ini yang lebih besar di Khatulistiwa akibat rotasi Bumi, yang membuat pemipihan bentuk Bumi sehingga tidak memiliki bentuk bulat sempurna.

5. Timbulnya medan magnet Bumi

Di bagian dalam Bumi, terdapat logam yang cair akibt suhu bagian dalam Bumi yang sangat tinggi. Aliran logam cair di inti luar planet ini menghasilkan arus listrik. Rotasi Bumi pada sumbunya menyebabkan arus listrik ini membentuk medan magnet yang membentang di sekitar planet.

Pelajari lebih lanjut    

Peristiwa yang berhubungan dengan kehidupan bumi akibat rotasi bumi?

brainly.co.id/tugas/14919754  

————————————————————————————–

Detail Jawaban

Kelas: X

Kode: 10.8.3

Mata pelajaran: Geografi  

Materi: Bab 3 – Dinamika Planet Bumi dan Tata Surya

Kata kunci: Dampak Rotasi Bumi  

Leave a Comment