Tuliskan 3 cara membuat magnet

Answered by wiki @


3 cara membuat magnet dan penjelasan masing masing

  1. Cara Induksi: suatu bahan ferromagnetik didekatkan dengan magnet, maka bahan tersebut akan menjadi magnet yang bersifat sementara.
  1. Cara Penggosokan: sebuah magnet digosokkan ke suatu bahan ferromagnetik dengan arah tetap, maka bahan tersebut akan menjadi magnet. Magnet akan bersifat permanen jika bahan ferromagnetiknya adalah baja.
  2. Cara pengaliran arus listrik: suatu bahan ferromagnetik dililiti kawat berarus searah, maka bahan tersebut akan menjadi magnet yang bersifat permanen.

Pembahasan

Magnet dapat diperoleh secara langsung dari alam maupun dibuat manusia. Magnet yang diperoleh dari alam disebut magnet alam, dan magnet yang dibuat oleh manusia disebut magnet buatan.

Ada tiga cara pembuatan magnet, yaitu dengan cara induksi, penggosokan, dan pengaliran arus listrik searah.

1. Induksi

Suatu bahan ferromagnetik (sangat mudah dipengaruhi oleh magnet, misalnya besi dan baja) dapat dibuat menjadi magnet dengan cara induksi. Caranya: mendekatkan sebuah magnet pada bahan ferromagnetik.

Kekuatan magnet bergantung pada jarak magnet penginduksi dengan bahan. Magnet yang dibuat dengan cara induksi bersifat sementara. Kutub magnet hasil induksi memiliki urutan yang sama dengan magnet penginduksi.

2. Penggosokan

Suatu bahan ferromagnetik dapat dibuat menjadi magnet dengan cara penggosokan. Caranya: menggosok magnet ke bahan ferromagnetik dengan arah tetap.

Magnet dari baja yang dibuat dengan cara penggosokan bersifat permanen. Kutub bagian ujung magnet hasil penggosokan berlawanan dengan kutub magnet penggosok.

3. Pengaliran arus listrik searah

Suatu bahan ferromagnetik dapat dibuat menjadi magnet dengan cara dialiri arus listrik. Caranya: melilitkan kawat berarus searah pada bahan ferromagnetik.

Magnet yang dibuat dengan cara pengaliran arus listrik searah bersifat permanen. Magnet hasil dari pengaliran arus listrik searah disebut elektromagnet. Kutub utara elektromagnet dapat ditentukan dengan menggunakan kaidah tangan kanan. Keempat jari menggenggam dengan arah sebagaimana arah arus (kawat mililit pada bahan). Ibu jari menunjukkan kutub utara elektromagnet.

Penjelasan lebih lanjut

1. Bahan paramagnetik, diamagnetik, ferromagnetik: brainly.co.id/tugas/4875668

2. Menentukan kutub batang magnet yang dipotong: brainly.co.id/tugas/21645045

3. Materi tentang magnet, medan magnet, dan magnet pada tubuh hewan: brainly.co.id/tugas/21393994

Detail jawaban

Kelas: 9

Mapel: Fisika

Bab: Kemagnetan

Kode: 9.6.5

#AyoBelajar

Leave a Comment