Tari suling dewa berasal dari

Answered by wiki @


Asal daerah Tari suling dewa adalah Lombok utara, nusa tenggara barat (NTB). Berikut penjelasannya mengapa Tari Suling dewa berasal dari Lombok utara, nusa tenggara barat (NTB).

Table of Contents

Pembahasan

Tarian ini  digelar ketika musim kemarau melanda. Tujuannya tentu saja untuk memohon turunnya hujan. Daerah Bayan dikenal sebagai salah satu pusat peradaban tertua di Lombok. Banyak budaya dan seni tradisi yang masih dilakoni hingga saat ini oleh masyarakat di ujung timur Kabupaten Lombok Utara, salah satunya adalah kesenian tradisional Suling Dewa.

Tiupan seruling dewa ini diyakini masyarakat adat Bayan mampu menurunkan air langit untuk memberikan babak kehidupan yang baru di atas bumi. Kesenian ini lahir ketika wilayah Bayan dilanda musim kemarau yang berkepanjangan. Karena tak ada satu pun tanaman yang bisa tumbuh dan berkembang, otomatis mempengaruhi siklus kehidupan di Gumi Bayan. Bahaya kelaparan pun mengancam dimana-mana. Sebelum tarian berlangsung, masyarakat Bayan menentukan hari, waktu, dan tempat yang dinilai baik untuk melaksanakan ritual tersebut.  

Ritual Tari Suling Dewa, juga di yakini dapat mengusir bintang buas atau hewan pengganggu lain seperti hama tikus atau burung yang dapat menggaggu tanaman diladang atau dikebun milik masyarakat. Selain itu, tarian Suling Dewa ini juga sering digunakan untuk mengiringi ritual-ritual adat tertentu seperti ritual adat Ngasah Ngaponin Sesinggan (cuci pusaka), yang masih dilakukan hingga sekarang.

Detail Jawaban

Kelas     : VII

Mapel     : Seni budaya

Bab         : Bab 6 – Gerak Tari dan Iringan

Kode       : 7.19.6

#AyoBelajar

Leave a Comment