Tahapan spermatogenesis secara berurutan adalah

Answered by wiki @


Tahapan spermatogenesis secara berurutan adalah B. proses diawali dengan pembelahan mitosis se primordial menjadi spermatogonium. Meiosis 1 adalah pembelahan spermatosit primer menjadi sekunder. Meiosis 2 terjadi saat spermatosit sekunder menjadi spermatid. Adapun spermiogenesis adalah proses diferensiasi spermatid menjadi sperma. Dan spermiasi adalah pelepasan sperma menuju tubulus seminiferus dan lalu epididimis.  

Pembahasan

Sperma mulai dibentuk ketika seorang pria memasuki masa puber. Proses pembentukan sperma disebut dengan spermatogenesis yang terjadi di dalam tubulus seminiferus (saluran-saluran halus dalam testis).  

Spermatogenesis melibatkan spermatogonium, sel sertoli, dan sel leydig yag ketigaya terdapat dalam tubulus seminiferus.

1. Seprmatogonium adalah sel induk spermatozoa merupakan penghasil sperma.

2. Sel sertoli merupakan pemberi nutrisi spermatozoa.

3. Sel leydig merupakan penghasil hormon testosteron, yang berperan dalam pembelahan meiosis utuk membetuk spermatosit sekunder.

Spermatogenesis dipengaruhi oleh beberapa hormon berikut:

1. LH (luteinizing hormon)

Berfungsi merangsag sel leydig untuk menghasilkan hormon testosteron.

2. FSH (folicle stimulating hormon)

  • Merangsang sel sertoli untuk meghasilkan ABP (androgen binding protein). ABP merangsang spermatogonium untuk memulai spermatogenesis.  
  • Pada spermatogenesis terjadi pembelahan secara mitosis dan meiosis. Spermatogenesis merupakan tahap atau fase – fase pendewasaan sperma di epididimis. Setiap satu spermatogonium akan menghasilkan empat sperma matang.

Tahap – tahap spermatogenesis :

1. Spermatogonium

Merupakan tahap pertama pada spermatogenesis yang dihasilkan oleh testis. Spermatogoium terbentuk dari 46 kromosom dan 2n kromatid.

2. Spermatosit primer

Merupakan mitosis dari spermatogonium. Pada tahap ini tidak terjadi pembelahan. Spermatosit primer terbentuk dari 46 kromosom dan 4n kromatid.

3. Spermatosit sekunder

Merupakan meiosis dari spermatosit primer. Pada tahap ini terjadi pembelahan secara meiosis. Spermatosit sekunder terbentuk dari 23 kromosom dan 1n kromatid.

4. Spermatid

Merupakan meiosis dari spermatosit sekunder. Pada tahap ini terjadi pembelahan secara meiosis yang kedua. Spermatid terbentuk dari 23 kromosom dan 1n kromatid.

5. Sperma

Merupakan diferensiasi atau pematangan dari spermatid. Pada tahap ini terjadi diferensiasi. Sperma terbentuk dari 23 kromosom dan 1n kromatid dan merupakan tahap sperma yang telah matang dan siap dikeluarkan.

Spermatogenesis terbentuk melalui tiga tahapan sebagai berikut :

1. Tahap penggandaan

Sel primordial mengalami pembelahan mitosis berulang-ulang dan membentuk spermatogonia.

2. Tahap pertumbuhan

spermatogonia tumbuh dan berkembang menjadi spermatosit primer yang bersifat diploid.

3. Tahap pematangan  

spermatosit primer membelah secara meiosis membentuk dua spermatosit sekunder yang bersifat haploid, lalu spermatosit sekunder membelah secara meiosis menjadi 4 buah spermatid.

Tiap spermatid akan berdeiferensiasi menjadi sperma (haploid) yang disebut spermiasi dan dipengaruhi oleh hormon testosteron.

Sperma terdiri atas kepala dan ekor. Pada membran yag melindungi ujung kepala sperma terdapat selubung yang disebut akrosom yang mengandung enzim hialuronidase, akrosin dan antifertilizin.  

Fungsi dari masing-masing enzim tersebut adalah

1. Haluronidase untuk menembus lapisan pelindung ovum dengan melarutkan hialuronid pada corona radiasi sel telur.

2. Akrosin juga berfungsi untuk menembus lapisan pelindung ovum dengan menghancurkan glikoprotein padazona pelusida ovum.

3. Antifertilizin adalah antigen yang berfungsi melekatkan sperma pada sel telur.

Bagian ekor sperma berfungsi sebagai alat gerak sperma. Pada pangkal ekor terdapat badan sperma yang mengandung mitokondria yang berfungsi sebagai penghasil energi untuk pergerakan sperma.

Pelajari lebih lanjut

1. perbedaan spermatogenesis dan oogenesis: brainly.co.id/tugas/18039355

2. pengaruh suhu terhadap organ reproduksi  laki-laki: brainly.co.id/tugas/16770920

3. oogenesis: brainly.co.id/tugas/13770092  

Detil Jawaban

Kelas: 2 SMA

Mapel: Biologi

Bab: Sistem reproduksi manusia

Kode: 11.4.9

Kata kunci: proses tahapan spermatogenesis

Leave a Comment