Simbol garis untuk memperlihatkan fenomena yang bersifat

Answered by wiki @


Simbol garis untuk memperlihatkan peta fenomena bersifat Kualitatif

Pembahasan

Peta adalah gambaran permukaan bumi yang ditampilkan pada suatu bidang datar dengan skala. Peta bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer. Istilah peta berasal dari bahasa Yunani mappa yang berarti taplak atau kain penutup meja. Namun secara umum pengertian peta adalah lembaran seluruh atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu. Sebuah peta adalah representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi. Ilmu yang mempelajari pembuatan peta disebut kartografi.

Dalam membuat Peta terdapat beberapa simbol yaitu:

  1. Simbol Garis digunakan untuk memperlihatkan karakter kenampakan peta, terutama yang bersifat kualitatif. Simbol garis menggambarkan jalan raya, jalan kereta api, sungai, dan batas administratif.
  2. Simbol titik paling tepat digunakan untuk menggambarkan persebaran berbagai fenomena di permukaan bumi.Simbol titik berguna untuk menggambarkan suatu fenomena tertentu sebaiknya dibuat dengan ciri-ciri yang cukup jelas dan mudah dimengerti oleh pihak lain, terutama para pengguna peta.
  3. Simbol batang digunakan untuk menyatakan perbandingan kuantitas suatu fenomena dalam bentuk batang atau grafik. Simbol ini sebenarnya dapat menggambarkan fenomena harga yang majemuk, misalnya untuk peta tata guna lahan persawahan, perkebunan, dan hutan lindung.
  4. Warna pada peta menunjukkan bentuk-bentuk muka bumi yang berupa tinggi rendahnya permukaan daratan dan kedalaman laut.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang Manfaat Peta brainly.co.id/tugas/1936236

2. Materi tentang jenis Peta brainly.co.id/tugas/4780541

3. Materi tentang komponen Peta brainly.co.id/tugas/301800

—————————–

Detil jawaban

Kelas: 7

Mapel: Geografi

Bab: 1 – Konektivitas Antarruang dan Antarwaktu

Kode: 7.8.1

Leave a Comment