Sebutkan manfaat mea bagi negara negara asean

Answered by wiki @


Manfaat MEA bagi Indonesia dan negara negara ASEAN lainnya adalah:

1. Memudahkan ekspor hasil produksi  

2. Memudahkan impor bahan baku antara negara anggota MEA,  

3. Memudahkan mendapatkan investasi.

4. Membuka langan kerja dan mensejahterakan rakyat.

Pembahasan:

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan ASEAN Economic Community (AEC) adalah komunitas pasar bersama yang dibuat oleh ASEAN untuk mengintegrasikan ekonomi negara anggotanya.

Anggota MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dan anggota AFTA (ASEAN Free Trade Area) adalah sama yaitu ke-sepuluh negara ASEAN: Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei, dan Indonesia.

MEA adalah realisasi tujuan akhir integrasi ekonomi kawasan ASEAN.  Bila MEA direalisasikan, diharapkan ASEAN akan memiliki pergerakan barang, jasa, dan investasi bebas serta arus modal dan keterampilan yang lebih bebas  

Bagi produsen, ini memudahkan untuk menjual produk yang dihasilkan ke negara lain sesama anggota MEA. Ini berarti produsen akan memiliki pasar yang lebih besar, serta jenis calon pembeli yang lebih beragam.

Contohnya, seorang perajin furniture kayu jati dari Indonesia, sekarang tidak hanya dapat menjual produk furniturnya ke seluruh Indonesia saja, tapi dapat dengan lebih mudah menjualnya ke Malaysia, Singapura atau Thailand.

Selain memudahkan penjualan, MEA juga akan memudahkan mendapatkan investor. Misalnya seorang pemilik pabrik akan dapat lebih mudah mendapatkan pinjaman modal atau menjual saham.

MEA juga memudahkan produsen membeli bahan baku untuk kegiatan produksinya dengan lebih mudah dan murah. Misalnya, perajin perhiasan dapat lebih mudah membeli batu mulia dari Myanmar, salah satu negara penghasil terbesar batu mulia seperti giok.

Dengan memudahkan kegiatan ekonomi, maka MEA akan memudahkan pembukaan lapangan kerja baru di Indonesia dan negara ASEAN lainya. Lapangan kerja ini kemudian dapat menignkatkan kesejahteraan rakyat.

Pelajari lebih lanjut:

1. Bidang garapan kerjasama MEA?

brainly.co.id/tugas/13310171

2. Sebutkan negara negara yang masuk keanggotaan MEA, AFTA, APEC

brainly.co.id/tugas/10219252

Kode: 9.10.9

Kelas: IX

Mata pelajaran: IPS

Materi: Bab 9 – Asia Tenggara

Kata kunci: Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)  

Leave a Comment