Sebutkan 3 cara memberi salam yang benar

Answered by wiki @


Berikut ini merupakan 3 cara memberi salam yang benar adalah sebagai berikut:

  1. Orang yang berkendaraan memberi salam kepada yang berjalan
  2. Orang yang berjalan memberi salam kepada yang duduk
  3. Orang yang sedikit memberi salam kepada yang banyak

Pembahasan

Dalam kehidupan sehari hari sebagai seorang muslim pasti kita sudah tidak asing lagi dengan ucapan salam yang berbunyi “Assalamualaikum warrahmatullah wabbaraktuh” yang artinya “Semoga keselamatan, rahmat Allah, dan berkahNya tercurah kepada kalian”

Salam ini merupakan salah satu dari ibadah yang dianjurkan oleh Allah Subhanhu wataala sebagaimana firmanNya dalah Alquran Surat An Nur ayat 27 yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَدْخُلُوْا بُيُوْتًا غَيْرَ بُيُوْتِكُمْ حَتّٰى تَسْتَأْنِسُوْا وَتُسَلِّمُوْا عَلٰٓى اَهْلِهَاۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ – ٢٧

Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat.

Selain itu ada hadits Rasulullah solalahu alaihi wassalam yang menyebutkan pentingnya memberi salam yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Amr bin al-Ash yang artinya berbunyi “Bahwa seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah SAW, ‘Islam apakah yang paling baik?’ Beliau Rasulullah SAW menjawab, ‘Engkau memberi makan, dan mengucap salam kepada orang yang kamu kenal maupun orang yang tidak kamu kenal”

Adapun adab atau cara memberi salam yang benar sebagaimana hadits Rasulullah solallahu alaihi wassalam adalah sebagai berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ َوَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( يُسَلِّمُ الرَّاكِبُ عَلَى المَاشِي ، وَالمَاشِي عَلَى القَاعِدِ ، وَالقَليْلُ عَلَى الكَثِيْرِ )) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ .

وَفِي رِوَايَةٍ لِلْبُخَارِي : (( وَالصَّغِيْرُ عَلَى الكَبيْرِ )) .

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Orang yang berkendaraan memberi salam kepada yang berjalan, yang berjalan memberi salam kepada yang duduk, dan yang sedikit memberi salam kepada yang banyak.” (Muttafaqun ‘alaih) (HR. Bukhari, no. 6233 dan Muslim, no. 2160)

Demikian, semoga membantu!

Pelajari lebih lanjut

1.  Materi tentang penulisan salam brainly.co.id/tugas/38199799

2. Materi tentang arti assalamualaikum brainly.co.id/tugas/18162753  

Detil jawaban

Kelas: 4

Mapel: Agama

Bab: Zikir dan Doa

Kode: 4.14.10

Kata kunci: Adab Memberi salam

#TingkatkanPrestasimu

Leave a Comment