Salah satu penyebab terjadinya perang batak adalah

Answered by wiki @


Sisingamangaraja XII memiliki nama asli Pantuan Besar Ompu Pulo Batu. Ia lahir di Bakkara, Tapanuli, Sumatra Utara, 17 Juni 1849. Ayah dan Ibunya bernama Sisingamangaraja XI (Ompu Sohahuaon) dan Boru Situmorang. Sisingamangaraja XII dinobatkan menjadi penerus ayahnya di usia yang baru 19 tahun setelah ayahnya wafat pada tahun 1876.
1.      Perang Batak yang terjadi selama 29 tahun yang berawal dari ketidak sukaan Si Singa Mangaraja terhadap Belanda yang sengaja menyebarkan agama keristen yang mengakibatkan Si Singa Mangaraja melakukan perlawan karena takut  Belanda menguasai daerah tesebut secara luas lagi sehingga ia takut peranya sebagai pemimpin dapat disingkirkan oleh Belanda disisi lain Si Singa Mangaraja sebagai pemimpin juga takut Belanda mempengaruhi rakyat dan bisa berubah struktur kebuadayaan yang ada disana. Perperangan demi perperangan yang terjadi sangat merugikan bagi rakyat Batak. Perperangan yang berlangsung sangat lama berhasil dimenangkan oleh Pihak Belanda dengan gugurnya Si Singa Mangaraja di medan perang. Sehingga Belanda berhasil menduduki daerah Batak keseluruhannya.
2.      Berikut beberapa alasan Sisingamangaraja XII mengadakan perlawanan terhadap Belanda:
a)      Pengaruh Sisingamangaraja semakin kecil.
b)      Adanya Zending atau misi penyebaran agama kristen di Tapanuli dan sekitarnya
c)      Belanda memperluas kekuasaannya dalam rangka Pax Netherlandica.
3.       Perang ini diawali dengan permintaan bantuan para misionaris di Silindung dan Bahal Batu kepada pemerintah kolonial Belanda dari ancaman diusir oleh Singamangaraja XII. Dan berakhir dengan gugurnya Sisingamangaraja XII pada 17 Juni 1907 dalam sebuah pertempuran dengan Belanda di pinggir bukit Aek Sibulbulen, di suatu desa yang namanya Si Onom Hudon.
semoga membantu 🙂
ini hapalan gue kemarin 😉

Leave a Comment