Rumah adat baileo asal provinsi

Answered by wiki @


          Rumah adat Baileo adalah Rumah adat yang berasal dari Provinsi Maluku Utara dan Provinsi Maluku. Rumah ini memiliki banyak keunikan, salah satunya rumah ini tidak memiliki sekat dan dinding dalam pembangunannya.

Pembahasan

           Pertanyaan yang adik ajukan adalah pertanyaan yang terdapat dalam Buku Tematik 7-Indahnya Keragaman di Negeriku, Kelas IV, Subtema 2: Indahnya Keragaman Budaya Negeriku, Halaman 67. Berikut penjelasanya tentang Rumah adat Tambi.

           Rumah adat Baileo adalah Rumah adat yang berasal dari Provinsi Maluku Utara dan Provinsi Maluku. Beberapa keunikan dari Rumah adat Baileo adalah sebagai berikut :  

  • Rumah Adat Baileo dipergunakan masyarakatnya sebagai tempat menyimpan benda-benda suci, tempat melaksanakan upacara adat, serta tempat sebagai berkumpulnya para warga pada berbagai acara.
  • Ukuran rumah Adat Baileo besar, sehingga sangat memungkinkan untuk digunakan dalam berbagai jenis kegiatan adat istiadat.
  • Rumah adat Baileo tidak memiliki sekat dan dinding dalam pembangunannya.
  • Kebanyakan di dalam Rumah adat Baileo terdapat banyak ukiran dan ornamen yang bergambar dua ekor ayam yang berhadapan dan diapit oleh dua ekor anjlng di sebelah kiri dan kanan.
  • Rumah adat ini berstruktur panggung.
  • Pembuatan rumah ini hanya berbahan dasarkan kayu serta sama sekali tidak menggunakan paku.

Pelajari Lebih Lanjut :

  1. Keunikan dan asal provinsi rumah adat baileo, rumah adat tambi, rumah adat honai, rumah adat tongkonan, rumah adat lamin, baca di brainly.co.id/tugas/14396586  
  2. Rumah adat di Indonesia, baca di brainly.co.id/tugas/3438093
  3. Pengertian rumah adat, baca di brainly.co.id/tugas/57537  

Detail Jawaban

Kelas         : IV

Mapel         : Tematik 7 – Indahnya Keragaman di Negeriku

Bab            : Subtema 2: Indahnya Keragaman Budaya Negeriku

Kode         : –

Kata Kunci : Rumah adat 34 provinsi, gambar rumah adat, rumah adat di Indonesia.

Leave a Comment