Riba dalam transaksi ekonomi syariah diganti dengan

Answered by wiki @


Riba dalam transaksi ekonomi syariah diganti dengan…  

a. Mudharabah

b. Muakkadah

c. Murabahah

d. Gharar

e. Maesyir

Jawaban

Pendahuluan

Dalam konteks syariah (hukum Islam) memakan riba termasuk salah satu dosa besar. Namun pada praktiknya masih banyak masyarakat yang bingung dengan praktik riba tersebut dalam kehidupan sehari-hari khususnya yang terkait dengan transaksi perbankan. Riba secara bahasa bermakna tambahan atau meminta kelebihan uang dari nilai awal. Secara lebih spesifik lagi riba adalah meminta tambahan uang dari pinjaman awal baik dalam transaksi jual beli maupun pinjam meminjam yang bertentangan dengan prinsip syariah Islam. Dalam hal ini pinjam meminjam atau jual beli tersebut masuk kategori transaksi yang haram.

Pembahasan

Perniagaan (mudharabah) menyerupai riba, karena masing-masing pemilik uang pada kedua transaksi ini menyerahkan uang kepada orang lain, dan kemudian menerima kembalian yang lebih banyak. Akan tetapi, hukumnya sangat berbeda, mudharabah hukumnya halal, sedangkan riba adalah haram. Seorang pemakan riba berusaha mengeruk keuntungan, akan tetapi ia tidak sudi menanggung kerugian.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas maka jawaban yang tepat untuk Riba dalam transaksi ekonomi syariah diganti dengan…  

A. Mudharabah

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang  ekonomi syariah dalam menjalankan perekonomiannya berdasarkan pada prinsip maslahah dan falah brainly.co.id/tugas/17177982
  2. Materi tentang ekonomi syariah brainly.co.id/tugas/5879996
  3. Materi tentang  tujuan dari ekonomi syariah brainly.co.id/tugas/12248487

Detil Jawaban

Kelas : iX (3 SMP)

Mapel : IPS

Bab : uang dan  Lembaga Keuangan Lainnya

Kode : 9.10.6

Kata Kunci ; RIba, Mudharabah.

Leave a Comment