Posisi indonesia secara geografis terletak pada garis

Answered by wiki @


Posisi Indonesia secara geografis terletak pada garis … Khatulistiwa (Ekuator) Bumi, sehingga disinari matahari sepanjang tahun

Pembahasan:

Bumi mengitari matahari dalam sudut miring sebesar 23,5 derajat. Kemiringan ini menyebabkan posisi bumi yang menghadap matahari akan berubah seiring dengan pergerakan bumi pada orbit, yang disebut Gerak Semu Matahari.

Wilayah muka Bumi yang berdekatan dengan Garis Khatulistiwa (Ekuator) akan menghadap matahari sepanjang tahun dengan sudut kecil. Akibatnya bagian yang dekat dari garis khatulistiwa akan menerima sinar matahari yang banyak sepanjang tahun. Wilayah ini memiliki perbedaan suhu yang kecil sepanjang tahun.

Namun, bagian bumi yang jauh dari Khatulistiwa (seperti wilayah berlintang sedang atau wilayah kutub) akan mengalami variasi. Pada waktu tertentu bagian ini akan pada posisi yang berhadapan dengan matahari, sehingga mendapat sinar matahari banyak, dan mengalami Musim Panas.

Namun di sisa tahun, bagian ini akan memiliki sudut besar dari matahari dan menerima sedikit cahaya matahari dan mengalami Musim Dingin.

Pelajari lebih lanjut musim di Indonesia saat matahari berada di utara Ekuator di: brainly.co.id/tugas/17497618

Pelajari lebih lanjut mengapa curah hujan di daerah Khatulistiwa lebih tinggi dibanding daerah lain di permukaan bumi di: brainly.co.id/tugas/5696115

Pelajari lebih lanjut keuntungan Indonesia dilalui oleh garis Khatulistiwa di: brainly.co.id/tugas/326739

—————————————————————————

Detail Jawaban:

Kode: 9.10.10

Kelas: IX

Mata pelajaran: IPS/Geografi

Materi: Bab 10 – Benua dan Samudra

Leave a Comment