Perubahan energi pada pembangkit listrik mikrohidro adalah

Answered by wiki @


Perubahan energi merupakan salah satu sifat yang melekat pada energi. Sebagaimana yang kita tahu, energi tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan. Satu-satunya yang mungkin terjadi adalah perpindahan atau perubahan bentuk energi dari bentuk yang satu ke bentuk lainnya. Sebagai contoh, ketika kita menyalakan kipas angin listrik, terjadi perubahan bentuk energi dari energi listrik menjadi energi gerak. Tidak ada energi yang hilang selama perubahan bentuk energi tersebut.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menjelaskan perubahan energi yang terjadi pada pembangkit listrik tenaga mikrohidro. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

Pembangkit listrik tenaga mikrohidro merupakan salah satu tipe pembangkit listrik yang menggunakan air sebagai sumbernya. Namun, berbeda dengan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pada umumnya yang menggunakan air terjun atau bendungan sebagai sumber tenaganya, pembangkit listrik tenaga mikrohidro menggunakan sumber-sumber air dengan debit yang jauh lebih kecil. Dari sinilah muncul istilah mikrohidro atau air kecil secara harafiah.

Prinsip kerjanya sama dengan PLTA pada umumnya. Ketika air bergerak menuju turbin, air akan menggerakkan turbin. Turbin yang berputar kemudian akan menggerakkan generator. Disini terjadi perubahan energi yakni:

Gerakan air (energi kinetik) -> Turbin (energi kinetik) -> Generator (energi listrik)

Generator inilah yang akan menghasilkan energi listrik untuk kemudian disalurkan ke penerima.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini kamu dapat belajar tentang perubahan energi:

brainly.co.id/tugas/9677912

Detil jawaban

Kelas: VII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 8 – Mendeskripsikan sesuatu

Kode kategori: 7.1.8

Kata kunci: perubahan bentuk energi, pembangkit listrik tenaga mikrohidro

Leave a Comment