Perbedaan pembuluh darah arteri dan vena

Answered by wiki @


Berikut adalah ciri secara singkat yang menjadi karakteristik dari pembuluh arteri dan vena. Pembuluh arteri akan memiliki ciri sebagai berikut :

  • Letaknya berada lebih dalam dari pada pembuluh vena, artinya tidak dekat dengan permukaan
  • Dinding pembuluhnya tebal, kuat, dan elastis.
  • Pembawa darah bersih, antar 

Berbeda dengan pembuluh darah vena, mempunyai ciri yang khas yaitu :

  • Letak lebih dekat dengan permukaan, kebiruan rupanya
  • Dinding pembuluhnya tipis dan tidak elastis
  • Membawa darah balik yang minim oksigen

Pembahasan:

Pembuluh darah adalah salah satu bagian dari sistem peredaran darah pada tubuh untuk membawa darah dari jantung yang terikat dengan oksigen ke sel-sel pada organ tubuh dan mengembalikan kembali darah yang telah digunakan dan terikat dengan karbon dioksida ke jantung untuk diambil lagi oksigen di paru-paru. Ada beberapa jenis pembuluh darah pada tubuh manusia, diantaranya: arteri, vena, dan kapiler.

1. Pembuluh darah arteri

Pembuluh darah arteri merupakan pembuluh darah yang meninggalkan jantung. Arteri berfungsi untuk mendistribusikan darah yang kaya oksigen ke kapiler, sehingga dapat digunakan oleh sel-sel pada organ-organ tubuh. Darah meninggalkan jantung dari aorta menuju ke arteri. Aorta adalah pembuluh terbesar yang ada dalam tubuh dan keluar dari ventrikel yang membawa banyak oksigen. Pembuluh darah arteri memiliki dinding yang kuat. Selain itu, dindingnya juga bersifat elastis, sehingga mampu menahan tekanan yang kuat dari jantung. Letak pembuluh arteri lebih ke dalam tubuh bila dibandingkan dengan jenis pembuluh darah vena.

Pembuluh arteri berdenyut mengikuti denyutan jantung. Aliran darah yang berada di dalam arteri sangat cepat karena berasal langsung dari jantung. Terdapat perbedaan mendasar antara pembuluh arteri dan vena yaitu pembuluh darah vena memiliki banyak katup, sedangkan pembuluh darah arteri hanya memiliki satu katup di pangkal berbatasan dengan bilik kiri jantung, atau biasa disebut dengan valvula semilunar.

Jenis-jenis pembuluh darah arteri :

  • Arteri pulmonalis, yaitu pembuluh yang dilewati darah dari bilik menuju ke paru-paru. Pembuluh ini mengandung banyak karbon dioksida yang akan dilepaskan ke paru-paru (di bagian alveolus).
  • Aorta, merupakan pembuluh terbesar di dalam tubuh dan keluar dari ventrikel yang membawa banyak oksigen.
  • Arteri sistemik, merupakan pembuluh nadi yang membawa darah ke arteriol, kemudian menuju ke pembuluh kapiler dimana zat nutrisi dan oksigen akan ditukarkan.
  • Arteriol, merupakan pembuluh arteri yang paling kecil yang berhubungan dengan pembuluh kapiler.

2. Pembuluh darah vena

Pembuluh darah vena merupakan pembuluh darah yang berfungsi untuk membawa darah yang berasal dari kapiler menuju ke jantung. Pembuluh vena memiliki dinding yang lebih tipis jika dibandingkan dengan arteri, namun tetap memiliki sifat elastis. Pembuluh darah vena terletak di bagian tubuh lebih ke tepi dibandingkan dengan pembuluh darah arteri. Aliran darah pada vena lebih lambat dibandingkan arteri, karena vena tidak membawa darah yang berasal langsung dari jantung. Vena memiliki banyak katup yang berfungsi mencegah aliran darah agar tidak kembali ke kapiler.

Jenis-jenis pembuluh darah vena :

  • Vena pulmonalis, merupakan pembuluh vena yang berfungsi untuk membawa darah yang telah terikat dengan oksigen ke dalam jantung. Sehinggam pembuluh darah ini kaya akan oksigen. Vena pulmonalis memiliki dua jenis, yaitu vena pulmonalis dextra yang membawa darah dari paru-paru kanan ke jantung, serta vena pulmonalis sinistra yang membawa darah dari paru-paru kiri ke jantung.
  • Vena cutanea, merupakan jenis vena yang berada di bawah kulit.
  • Deep vein, merupakan vena yang terletak berdekatan dengan arteri dan tidak tampak jika dilihat dari luar.
  • Venula, merupakan vena dengan ukuran terkecil yang berfungsi untuk distribusi darah ke kapiler.

3. Pembuluh darah kapiler

Pembuluh kapiler merupakan pembuluh darah kecil yang berfungsi sebagai tempat pertukaran zat. Pembuluh kapiler merupakan pembuluh yang menghubungkan cabang pembuluh dan cabang pembuluh balik dengan sel tubuh.

Pelajari lebih lanjut:

  1. Materi tentang perbedaan sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah brainly.co.id/tugas/13849164
  2. Materi tentang perbedaan pembuluh darah nadi dan balik brainly.co.id/tugas/12564143

Detail Jawaban:

Kelas : XI

Mapel : Biologi

Bab : Sistem Peredaran Darah

Kode : 11.4.5

Kata kunci : Arteri, Kapiler, Oksigen, Pembuluh darah, Vena

Leave a Comment