Perbedaan integrasi nasional secara politis dan antropologis

Answered by wiki @


Jawaban:

Perbedaan integrasi nasional secara politis dan antropologis adalah secara politis, integrasi berarti proses penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial ke dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional. Sedangkan secara antropologis, integrasi berarti proses penyesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat. Jadi dapat disimpulkan bahwa integrasi nasional bangsa Indonesia adalah hasrat dan kesadaran untuk bersatu sebagai satu bangsa yakni bangsa Indonesia.

Penjelasan:

1. Integrasi Nasional secara Politis

Integrasi nasional secara politis adalah konsep membentuk satu indentitas nasional bersama dengan menyatukan berbagai macam kelompok budaya dan sosial, ke dalam satu kesatuan wilayah nasional

2. Integrasi Nasional secara Antropologis

Integrasi nasional secara antropologis adalah integrasi yang mencari keserasian fungsi dengan cara penyesuaian antara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda dalam kehidupan masyarakat.

Jadi kesimpulannya adalah, integrasi nasional secara politis membentuk/ menghasilkan indentitas nasional, sedangkan integrasi nasional secara antropologis membentuk/ menghasilkan kesesuaian fungsi, sehingga tetap menjaga tatanan hidup bermasyarakat.

Pelajari lebih lanjut

1. Konsep integrasi nasional: brainly.co.id/tugas/6307237

2. Faktor penghambat integrasi nasional: brainly.co.id/tugas/9060034

3. Syarat integrasi nasional: brainly.co.id/tugas/10415170

Detil jawaban

Kelas: 11

Mapel: PPKn

Bab: Menatap Tantangan Integrasi Nasional

Kode: 11.9.7

Kata kunci: integrasi, nasional, politis, antropologis

Leave a Comment