Mengapa kita harus menghemat penggunaan energi

Answered by wiki @


KONSEP DASAR

Table of Contents

ENERGI

untuk melakukan berbagai aktivitas kita membutuhkan energi, contohnya memindahkan tas dari lantai ke punggung kamu membutuhkan energi, berjalan dari satu lantai ke lantai berikutnya juga membutuhkan energi. Maka hampir semua aktivitas kita mulai bangun tidur sampai kembali tidur pasti memerlukan energi.

DEFINISI ENERGI

Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja (usaha). Allah telah menciptakan energi untuk keperluan hidup manusia. Matahari merupakan sumber energi utama bagi kehidupan di bumi. Peran manusia adalah menggali dan menemukan energi itu. Kemudian mengubah energi dari bentuk satu ke bentuk lainnya sesuai keperluan.

A. Perpindahan Energi Panas (Kalor)

Bagaimana energi matahari bisa sampai ke bumi ?

Mengapa jika ujung logam yang satu dipanaskan, maka ujung lainnya menjadi panas ?

Hal itu karena energi panas bisa berpindah. Energi panas atau kalor dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya melalui tiga cara, yaitu :

KONDUKSI, KONVEKSI dan RADIASI

B. ENERGI LISTRIK

Energi listrik dihasilkan oleh arus listrik, saat ini energi listrik merupakan energi yang paling banyak digunakan. Bahkan mungkin sebagian besar peralatan di rumah kita menggnakan listrik, Misalnya : untuk penerangan ruangan, radio – tape recorder, televisi, kulkas, penanak nasi, mesin cuci, dan lain sebagainya.

C. PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DAN PENGHEMATAN ENERGI

Pada zaman kita sekarang, abad ke-21, teknologi berkembang begitu pesat. Perkembangan teknologi alat angkut (transportasi) berkembang sangat pesat, seperti mobil, kereta api / listrik dan pesawat terbang. Perkembangan teknologi informasi dari media cetak, seperti koran, majalah sampai digital, lewat komputer dan internet. Demikian juga perkembangan teknologi peralatan rumah tangga, dari memasak menggunakan kayu bakar, kemudian menggunakan kompor minyak tanah, sekarang sudah menggunakan listrik dan gas, bahkan kompor tenaga matahari. Dengan ditemukannya energi listrik, ternyata perkembangan teknologi begitu pesat. Hampir sebagian besar masyarakat kota merasakan kemudahan-kemudahan dengan adanya energi listrik ini.

Penerangan tidak lagi menggunakan obor atau lampu minyak tanah, tapi menggunakan lampu listrik, menanak nasi tidak lagi menggunakan panci atau dandang di atas kompor minyak tanah, apalagi kayu bakar, tapi menggunakan energi listrik dengan magic Jar, menyimpan makanan dalam kulkas, menyetrika, mencuci menggunakan mesin cuci, pompa air, pesawat televisi, radio kaset, komputer, semuanya memerlukan energi listrik.

Dalam menggunakan peralatan listrik kita harus hati-hati dan tidak ceroboh, karena hal itu bisa berbahaya. Kecerobohan pemakian listrik bisa mengakibatkan kita “tersetrum” listrik dan bahkan menyebabkan kebakaran.

SOAL  

Mengapa kita harus menghemat energi ?

Jawaban Pendek

Kita harus menghemat energi agar ketersedian akan energi untuk massa depan tidak akan habis.

Jawaban Panjang

Perlu diketahui bahwa pemakian energi oleh kita tidak boleh boros. Karena para pemboros itu adalah kawannya setan. Jika televisi tidak kita tonton, kita matikan. Jika lampu penerangan sudah tidak kita perlukan, kita matikan. Begitulah cara kita menghemat energi listrik.

Bentuk energi lain yang kita perlukan dalam kehidupan sehari-hari adalah bahan bakar minyak (BBM). Di dalam rumah tangga, masih banyak ibu-ibu memasak menggunakan kompor minyak tanah, abang-abang penjual mie atau bakso juga menggunakan minyak tanah.

Kalau kita melihat ke jalan raya, di sana banyak kendaraan berlalu lalang. Bahan bakar yang digunakan untuk menggerakan mobil adalah bensin. Sedangkan mobil truk dan bus menggunakan solar. Mesin-mesin pabrik biasanya juga menggunakan solar. Bahan bakar ini pun perlu dihemat, agar kita tidak kehabisan bahan bakar.

_______________________________________________

Kelas : 6 SD

Pelajaran : SAINS

Kategori : Penghematan Energi

Kata Kunci : Hemat energi

Kode : 6.4.8 [Kelas 6 SD Sains Bab 8 – Penghematan Energi]

Leave a Comment