Limbah pertanian yang merangsang tumbuhnya gulma adalah

Answered by wiki @


Limbah pertanian yang merangsang tumbuhnya gulma adalah … limbah pupuk, terutama yang mengandung nitrogen dan fosfor

Pembahasan:  

Pupuk yang kaya nitrogen dan fosfor bila masuk ke dalam ekosistem perairan akan menyebabkan terjadinya eutrofikasi (disebut juga hipertrofikasi). Eutrofikasi adalah meningkatnya pertumbuhan dan populasi tanaman dan mikro-organisme air (seperti gulma, alga dan sianobakteria) akibat melimpahnya nutrisi di air.

Zat hara di air yang berlebih ini selain dihasilkan oleh pupuk juga berasal dari sampah organik dari perkebunan atau sisa makanan ikan, yang banyak mengandung zat hara. Meningkatnya ketersediaan nutrisi menyebabkan tanaman air dan alga tumbuh dengan cepat.

Pertumbuhan yang cepat ini menyebabkan dampak buruk bagi ekosistem air yaitu:

  1. Pertumbuhan ini menyebabkan tertutupnya permukaan air dan menyebabkan terhalangnya sinar matahari ke dalam air. Akibatnya produksi oksigen oleh plankton di dalam air berkurang. Hewan air akan kekurangan oksigen dan susah bernapas sehingga mati.
  2. Ketika tanaman dan alga mati, akan menyebabkan meningkatnya populasi bakteri pengurai. Karena bakteri mengkonsumsi oksigen, maka peningkatan bakteri pengurai ini menyebabkan berkurangnya oksigen (hipoksia) di air dan akibatnya eutrofikasi bisa menyebabkan kematian massal ikan di perairan itu.
  3. Banyak alga dan mikroba yang tumbuh dalam eutrofikasi menghasilkan zat berbahaya, misalnya sianobakteria yang menghasilkan sianotoksin. Hal ini juga menyebabkan kematian massal ikan di perairan.

 ———————————————————————————–

Pelajari lebih lanjut    

1. Apa yang anda ketahui tentang eutrofikasi pada perairan? Mengapa eutrofikasi dapat mengganggu kehidupan organisme?

brainly.co.id/tugas/6308944  

2. Dampak Negatif dan Positif Limbah Organik?  

brainly.co.id/tugas/413070  

Detail jawaban:  

Kode: 7.4.9  

Kelas: VII  

Mata Pelajaran: Biologi    

Materi: Bab 9 – Pencemaran Lingkungan

Kata Kunci: Eutrofikasi, Limbah Pupuk

 

 

Leave a Comment