Kerajaan islam pertama di pulau jawa adalah

Answered by wiki @


Kerajaan Islam pertama di pulau Jawa adalah Kerajaan Demak.

Pembahasan

Hi guys !

Kali ini, kita akan membahas materi ttg Kerajaan Islam di pulau Jawa, salah satunya Kerajaan Demak. Yuk, disimak baik-baik ya.

Kerajaan Demak terletak di pesisir Utara pulau Jawa.

Awalnya, Demak merupakan salah satu pelabuhan dagang, bagian dari Kerajaan Majapahit. Pelabuhan ini sering dikunjungi pedagang asing, salah satunya dari Arab. Pedagang Arab, melakukan perdagangan sambil menyebar ajaran agama Islam. Saat Kerajaan Majapahit runtuh dari situlah awal berdirinya Kerajaan Demak.

Pendiri kerajaan ini adalah Raden Patah pada abad XVI yg merupakan putra dari Raja kerajaan Majapahit.

Penyebaran agama Islam sangat dipengaruhi oleh adanya Wali Sanga yang terdiri dari 9 ulama besar yg sangat dihormati. Mereka juga mendirikan pusat dakwah agama Islam, yaitu Masjid Agung Demak.

Puncak kejayaan Demak pada masa itu berada di bawah pimpinan Sultan Trenggono. Saat itu, daerah kekuasaan Demak semakin besar hingga ke daerah Kalimantan (Banjar).

Sepeninggal Sultan Trenggono, kerajaan Demak mulai mengalami kemunduran, dimana konflik perang saudara terjadi antara Pangeran Prawoto (putra sultan Trenggono) dg Arya Penangsang (keturunan adik dari Sultan Trenggono).

Semangat Belajar !!!

Pelajari lebih lanjut

—————————–

Detil Jawaban

Kelas : 10 SMA

Mapel : Sejarah

Bab : Zaman Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia

Kode : 10.3.5

Kata kunci : kerajaan Demak, kerajaan Islam pertama di pulau Jawa, penyebaran agama Islam, kemunduran Demak, Brainly.

#OptiTimCompetition

Leave a Comment