Kekuasaan negara menurut john locke

Answered by wiki @


Menurut John Locke kekuasaan Negara dibagi dalam tiga kekuasaan yang disebut Teori Trias Politika , terdiri dari kekuasaan Legislatif, Ekskutif dan Federatif

Pembahasan:

John Locke (1632-1708) adalah seorang ahli ilmu politik dari Inggris yang mencetuskan Teori Trias Politika. Teori ini membagi kekuasaan pemerintahan menjadi tiga bagian:

  1. Legislatif  (lembaga perwakilan yang berwenang membuat peraturan undang-undang dan melakukan pengawasan terhadap jalanya pemerintahan,
  2. Eksekutif (pemerintahan yang berwenang menjalankan pemerintahan sesuai peraturan undang-undang) dan
  3. Yudikatif (yang berwenang menyidangkan pelanggaran dalam peraturan perundangan).

Dalam sistem pemerintahan Indonesia, lembaga legislatif adalah DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) bersama dengan DPD (Dewan Perwakilan Daerah). Kemudian, Eksekutif dipegang oleh Presiden yang bertindak sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Dalam menjalankan tugasnya presiden dibantu oleh menteri yang ditunjuknya. Sementara itu, kekuasaan Yudikatif dipegang oleh Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi.    

Sementara di negara lain seperti Amerika Serikat misalnya, terjadi pemisahan kekuasaan sesuai Trias Politika di mana Legislatif dipegang oleh Kongres (terdiri dari Senat dan House of Representative), Eksekutif dipegang oleh Presiden dan Yudikatif dipegang oleh Mahkamah Agung (Supreme Court)

—————————————————————————

Pelajari lebih lanjut:

Detail Jawaban:

Kode:  11.9.2

Kelas: XI  

Mata Pelajaran: PPKN

Materi: Bab 2 – Menelaah Ketentuan Konstitusional Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Kata Kunci: John Locke, Teori Trias Politika

#TingkatkanPrestasimu

Leave a Comment