Kebijakan ekonomi pada masa demokrasi liberal

Answered by wiki @


Era Demokrasi liberal adalah masa yang di mana RI kembali menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia dari pemerintahan RIS. Perubahan bentuk pemerintahan diikuti pula perubahan undang-undang dasarnya dari Konstitusi RIS ke UUD Sementara 1950. Era demokrasi liberal dimulai dari tahun 1950 hingga 1959.

Table of Contents

Pembahasan

Kebijakan ekonomi pada era Demkrasi Liberal adalah

1. Program Benteng

Program Benteng adalah program yang dicanangkan oleh Soemitro Djojohadikusumo yang dituangkan dalam program Kabinet Natsir dalam wujud pencanangan Rencana Urgensi Perekonomian (RUP).

Tujuan dari Program Benteng ini adalah

  1. Mencadangkan impor barang-barang tertentu bagi kelompok bisnis pribumi.
  2. Membuka kesempatan bagi para pedagang pribumi membangun basis modal di bawah perlindungan pemerintah.
  3. Menumbuhkan kaum pengusaha pribumi agar mampu bersaing dalam usaha dengan para pengusaha keturunan Cina dan asing lainnya.

Upaya yang dilakukan pemerintah adalah memberi peluang usaha sebesar-besarnya bagi pengusaha pribumi dengan bantuan kredit.

2. Kebijakan Ali-Baba

Kebijakan Ali-Baba adalah kebijakan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama pengusaha pribumi dan Tionghoa. Kebijakan ini diprakarsai oleh Menteri Perekonomian Mr. Iskaq Tjokroadisurjo pada pemerintahan Kabinet Ali Sastroamidjojo I (Agustus 1954-Agustus 1955).  

3. Gerakan Asaat

Gerakan Asaat adalah kebijakan ekonomi yang bertujuan untuk memberikan perlindungan khusus bagi warga negara Indonesia asli dalam segala aktivitas usaha di bidang perekonomian dari persaingan dengan pengusaha asing pada umumnya dan warga keturuan Cina pada khususnya.

4. Kebijakan Gunting Syafrudin

Kebijakan Gunting Syafrudin adalah kebijakan memotong uang dengan memberlakukan nilai setengahnya untuk mata uang yang mempunyai nominal Rp2,50 ke atas.

Pelajari lebih lanjut

Kebijakan Ali-Baba dapat dilihat di brainly.co.id/tugas/248469

Untuk menghindari inflasi semakin tinggi, pemerintah Indonesia pada 19 Maret 1950 mengeluarkan kebijakan dapat dilihat di brainly.co.id/tugas/27071012

Gerakan Asaat dapat dilihat di brainly.co.id/tugas/3483240

—————————

Detil jawaban

Kelas: XII

Mapel: Sejarah Indonesia

Bab: Sistem dan Struktur Politik dan Ekonomi Masa Demokrasi Parlementer (1950-1959)

Kode: 12.3.2

#TingkatkanPrestasimu

Leave a Comment