Kebijakan ekonomi ali baba mengalami kegagalan karena

Answered by wiki @


Sistem Ekonomi Ali Baba gagal karena:

  1. Banyak pengusaha pribumi mengalihkan usahanya kepada pengusaha non-pribumi.
  2. Banyak pengusaha non-pribumi yang hanya “meminjam nama” pengusaha pribumi untuk mendapatkan pinjaman
  3. Pinjaman yang diberikan pada pengusaha pribumi digunakan untuk kegiatan konsumtif

Pembahasan:

Sistem ekonomi Ali Baba adalah sistem ekonomi yang pernah diterapkan pada masa Demokrasi Liberal. Pada sistem ini, pengusaha non-pribumi harus membantu orang pribumi dalam usahanya dengan memberi pelatihan kepada pengusaha pribumi, dengan memberi kredit pada pengusaha pribumi.

Kebijakan ini diterapkan pada masa Menteri Perekonomian Mr. Iskaq Cokrohadisuryo, yang menjabat pada masa Kabinet Ali Sastroamidjojo I (30 Juli 1953 – 12 Agustus 1955).

Istilah Ali Baba berasal dari julukan Ali (untuk pengusaha pribumi) dan Baba (untuk pengusaha non pribumi).

Kebijakan ini bertujuan memperbaiki perekonomian, sekaligus meningkatkan kondisi ekonomi kaum pribumi. Pada masa itu kaum pribumi banyak tertinggal dibandingkan kaum non pribumi, keturnan Eropa, Arab dan China.

Karena itu pemerintah berusaha mengatasi kondisi ini dengan mewajibkan pengusaha non-pribumi untuk bekerja sama dalam perusahaannya dengan pengusaha pribumi. Selain itu mereka juga diwajibkan memberi pelatihan pada para pengusaha dan pekerja pribumi. Pemerintah juga memberikan bantuan dengan kredit lunak kepada pengusaha pribumi.

Namun Sistem ekonomi Ali Baba ini gagal dalam memberdayakan penguasaha pribumi. Para pengusaha yang mendapat bantuan kredit lunak tidak menggunakannya untuk kegiatan produktif tapi melakukan kegiatan konsumtif.

Banyak pengusaha pribumi mengalihkan usahanya kepada pengusaha non-pribumi. Selain itu, banyak pengusaha non-pribumi yang hanya “meminjam nama” pengusaha pribumi untuk mendapatkan kredit pemerintah dan memenuhi kewajiban bekerjasama dengan pengusaha pribumi.

Pelajari lebih lanjut contoh sistem ekonomi campuran di: brainly.co.id/tugas/3381813

Pelajari lebih lanjut mengapa program ekonomi gerakan benteng mengalami kegagalan di: brainly.co.id/tugas/4581032

Pelajari lebih lanjut Sistem Ekonomi Gerakan Benteng, Sistem Ekonomi Alibaba dan pembentukan Dewan Perancang Nasional di: brainly.co.id/tugas/13613618  

———————————————————————————–

Detail Jawaban    

Kode: 9.10.4

Kelas: IX  

Mata pelajaran: Sejarah  

Materi: Kelas 9 IPS Bab 4 – Indonesia pasca Pengakuan Kedaulatan (1950-1966)

Kata kunci: Sistem Ekonomi Ali Baba

Leave a Comment