Kaktus memiliki batang yang tebal bertujuan untuk

Answered by wiki @


Kaktus memiliki batang yang tebal bertujuan untuk.. menyimpan cadangan air sehingga dapat hidup di wilayah kering.

Pembahasan:  

Kaktus adalah tanaman anggota keluarga (famili) Cactaceae. Tanaman hidup di daerah kering seperti padang pasir. Kaktus memiliki bentuk dan ukuran bervariasi, kaktus jenis Saguaro raksasa berbentuk seperti pohon, dengan batang tebal dan cabang yang panjang dan runcing dan bisa tumbuh setinggi 18 meter. Sementara, kaktus lain berukuran kecil, kurang dari 2,5 sentimeter tingginya.

Kaktus memiliki adaptasi yang memungkinkannya hidup di daerah kering.

Batang kaktus dapat menyimpan air di dalamnya. Batang kaktus yang berbentuk tabung dan tebal ini dapat mengembang untuk menyimpan air. Saat hujan air akan diserap dan disimpan, dan saat kering, air tersimpan akan dipakai.

Akar kaktus menyebar panjang sehingga akar ini bisa mengumpulkan air dari area yang luas. Akar kaktus juga terletak dangkal di dalam tanah sehingga air cepat dapat dikumpulkan oleh akar begitu hujan turun.  

Selain itu, kaktus memiliki daun yang berbentuk duri. Daun dengan bentuk duri ini meminimalkan luas permukaan daun dan mengurangi kehilangan air dari penguapan. Duri juga melindungi kaktus dari hewan yang mungkin memakannya.

Pelajari lebih lanjut:

Jelaskan cara perkembang biakan kaktus?  

brainly.co.id/tugas/678244  

Detail Jawaban    

Kode: 5.4.3  

Kelas: V  

Mata pelajaran: Biologi      

Materi: Penyesuaian Makhluk Hidup dengan Lingkungannya

Kata kunci:   Adaptasi pada Kaktus


Leave a Comment