Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu karena

Answered by wiki @


Kepang menyerah tanpa syarat adalah karena serangan dua bom atom yang dijatuhkan di kota Hiroshima pada 6 Agustus 1945 dan kota Nagasaki pada 9 Agustus 1945, disertai serangan Uni Sovyet ke Manchuria.

Pembahasan:

Seiring dengan terdesaknya Jepang di Perang Dunia II, negara Sekutu membuat pernyataan yang disebut dengan Deklarasi Postdam. Pernyataan ini menyerukan agar Jepang menyerah tanpa syarat.

Namun Jepang masih menolak menyerah, sehingga Sekutu akhirnya memutuskan untuk menyerang Jepang dengan senjata nuklir (bom atom) yang baru saja dikembangkan oleh Amerika Serikat dalam “Proyek Manhattan

Bom pertama yang digunakan menyerang Hiroshima pada 6 Agustus 1945 disebut Little Boy dan bom kedua disebut Fat Man, dan dijatuhkan di Nagasaki pada 9 Agustus 1945. Bom nuklir yang digunakan lebih kuat dari bom lainnya. Hanya dengan satu bom, seluruh kota dapat dihancurkan, dengan korban mencapai 70-120 ribu jiwa di tiap kota.

Pada saat sama di tanggal 9 Agustus 1945, pasukan Uni Sovyet menyerang Manchuria, yang merupakan wilayah utara China yang diduduki Jepang. Serangan ini menghancurkan pasukan Jepang di China dan Korea, yang saat itu dijajah Jepang. Sebelum serangan ini, Jepang berharap Uni Sovyet bersikap netral dan membantu merundingkan perdamaian antara Jepang dan Sekutu.

Kehancuran dari pengeboman atom ini dan ancaman Uni Sovyet membuat pemerintahan Jepang melihat bahwa mereka tidak bisa lagi menghindari kekalahan dari pasukan Sekutu. Hal ini kemudian memaksa Kaisar Hirohito untuk menyerah kepada Sekutu dalam pidatonya pada 15 Agustus 1945.

Pelajari lebih lanjut jenderal yang menandatangani perjanjian penyerahan jepang kepada Sekutu di: brainly.co.id/tugas/22478601

Pelajari lebih lanjut Perjanjian Postdam dalam kaitanya kedatangan tentara Sekutu di: brainly.co.id/tugas/21562752

Pelajari lebih lanjut tanggal Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu di: brainly.co.id/tugas/2119235

————————————————————————-

Detail jawaban:

Kode: 9.10.2  

Kelas: 9

Mata Pelajaran: IPS/Sejarah  

Materi: Bab 2 – Perang Dunia ke II dan Pengaruhnya Terhadap Indonesia (1939-1945)  

#AyoBelajar

Leave a Comment