Jelaskan perbedaan bioteknologi konvensional dengan bioteknologi modern

Answered by wiki @


  1. Penggunaan: Bioteknologi konvensional atau tradisional adalah bioteknologi yang menggunakan mikroorganisme sebagai alat untuk menghasilkan produk. Bioteknologi modern adalah bioteknologi yang menghasilkan jasa dan barang dengan menggunakan rekayasa genetika berupa DNA rekombinan.
  2. Cara: Bioteknologi konvensional umumnya belum menggunakan dasar ilmiah, namun menggunakan cara sesuai tradisi. Biologi modern sudah menggunakan dasar-dasar ilmiah dengan penelitian untuk mengembangkannya.
  3. Peralatan: Bioteknologi tradisional umumya menggunakan peralatan yang sederhana dan murah. Bioteknologi modern umumya menggunakan peralatan yang kompleks dan mahal.

Contoh bioteknologi tradisional adalah pembuatan yoghurt dan tempe.  Contoh bioteknologi modern adalah kultur jaringan dan kloning.  

Pembahasan:

Bioteknologi tradisional atau konvensional merupakan penerapan Bioteknologi  yang didasari tradisi turun temurun, misalnya yoghurt dan tempe.

Yogurt adalah produk susu yang diolah dengan fermentasi, yang dilakukan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Tempe adalah produk kedelai yang diolah dengan fermentasi jamur Rhizopus olygosporus.

Sementara bioteknologi modern adalah proses baru yang dikembangkan berdasarkan penelitian ilmiah, misalnya kultur jaringan dan kloning.  

Kultur jaringan (plant tissue culture) adalah metode pembiakan tanaman dengan menggunakan potongan sel atau jaringan dari tanaman induk. Potongan sel dan jaringan ini kemudian akan ditumbuhkan menjadi tanaman anakan di media aseptik, misalnya gel atau air.

Kultur jaringan tumbuhan menggunakan bagian tumbuhan seperti pucuk tunas, embrio, serbuk sari dan kuncup bunga sebagai eksplan, karena jaringan sel pada bagian-bagian ini memiliki tingkat pembelahan sel yang tinggi dan menghasilkan hormon pengatur pertumbuhan yang dibutuhkan dalam, seperti auksin dan sitokinin.  

Kloning adalah proses untuk menghasilkan individu yang sama persi atau yang identik secara genetik.

Prinsip kerja kloning adalah menyalin materi genetik DNA dari suatu individu dan memasukkannya ke dalam suatu embrio untuk menggantikan materi genetik embrio tersebut.  

Pelajari lebih lanjut mikroorganisme tape, roti, tempe, oncom, yoghurt, kecap, mentega, keju, brem, nata de coco di: brainly.co.id/tugas/1449221

Pelajari lebih lanjut mikroorganisme yang dimanfaatkan dalam pengolahan pangan di: brainly.co.id/tugas/2529936

Pelajari lebih lanjut mikroorganisme bakteri apatogen dan pengertiannya di: brainly.co.id/tugas/20359292  

—————————————————————————

Detail Jawaban:

Kode: 9.4.7

Kelas: IX  

Mata pelajaran: Biologi    

Materi: Bab 7 – Bioteknologi

Leave a Comment