Jelaskan mengenai pentingnya pemantulan difus bagi kehidupan

Answered by wiki @


Pentingnya pemantulan difus bagi kehidupan :

  1. Tempat yang tidak terkena cahaya secara langsung masih bisa terlihat terang.
  2. Berkas cahaya pantulnya tidak menyilaukan.

Contonya penerapan pemantulan difus :

  • Peristiwa pemantulan cahaya matahari  yang mengenai permukaan bumi, di mana permukaan bumi memiliki permukaan yang kasar (tidak teratur). Pematulan baur  yang menyebabkan sinar matahari atau cahaya matahari bisa sampai ke dalam ruangan rumah-rumah, walaupun rumah tersebut berisi atap yang menghalangi cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. Sehingga meskipun ruangan di dalam rumah tidak terkena cahaya matahari secara langsung, tetapi kita masih bisa melihat isi ruangan tersebut secara jelas.
  • Tetap bisa melihat benda-benda tepat sebelum matahari terbit dan matahari terbenam. Hal ini dikarenakan pengaruh dari pemantulan baur.

Pembahasan

Pemantulan atau refleksi cahaya adalah proses terpancarnya kembali cahaya dari permukaan benda yang terkena cahaya.

Ditinjau dari segi arah sinar pantul atau bentuk permukaan benda yang memantulkan cahaya, terdapat dua jenis pemantauan yaitu:

1. Pemantulan Teratur (Specular Reflection)

Pemantulan teratur adalah pemantulan yang terjadi karena bekas sinar datang jatuh pada permukaan halus atau rata. Pada permantulan teratur, cahaya akan dipantulkan ke satu arah.

Apabila benda-benda seperti cermin datar, air yang tenang disinari dengan sinar matahari maka sinar-sinar dipantulkan dalam arah yang sama sehingga tampak berkilau, pemantulan ini dinamakan pemantulan teratur.

Contoh Penerapan Pemantulan Teratur

  • Kesulitan yang dialami oleh pengemudi saat berkendara di jalan aspal basah ketika malam. Berkendara malam di jalan aspal basah tentunya lebih sulit daripada berkendara di jalan aspal kering hal ini karena air akan masuk ke celah-celah jalan aspal dan menghaluskan permukaannya, sehingga apabila terkena sinar dari lampu kendaraan akan menyebabkan terjadinya permantulan teratur yang memberi kesan menyilaukan mata dan menyebabkan pengelihatan pengemudi menjadi terganggu.
  • Dalam bidang fotografi, peristiwa pemantulan teratur ini dimanfaatkan untuk mendapatkan foto yang indah seperti panaroma gunung yang bayangannya terpantulkan oleh permukaan air yang berada di sekitar tempat kamera menggambil gambar.
  • Kaca spion kendaraan terbuat dari cermin cembung juga menggunakan prinsip pemantulan teratur.

2. Pemantulan Difus atau Pemantulan Baur (Diffuse Reflection)

Pemantulan difus atau pemantaua baur adalah pemantulan cahaya ke segala arah yang terjadi karena bekas sinar datang jatuh pada permukaan kasar atau tidak rata.

Contohnya, pemantulan cahaya pada tembok, kayu, batu, tanah dan sebagainya.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang bunyi hukum pemantulan cahaya: brainly.co.id/tugas/5435512
  2. Materi tentang sifat – sifat cahaya: brainly.co.id/tugas/1745854
  3. Materi tentang Macam – macam Jenis cermin: brainly.co.id/tugas/8357632

—————————–

Detil jawaban

Kelas: VIII (SMP)

Mapel: IPA (Fisika)

Bab: Cahaya dan Alat Optik

Kode: 8.6.5

Kata Kunci: pemantulan cahaya, refleksi cahaya, pemantulan baur, pemantulan teratur

Leave a Comment