Jelaskan cara merawat telinga dengan benar

Answered by wiki @


Tiga cara merawat kesehatan telinga yaitu :

  1. Melindungi telinga dari paparan suara yang keras
  2. Membersihkan telinga dengan cara yang tepat
  3. Menjaga telinga agar tetap kering

Table of Contents

Pembahasan

Telinga mempunyai mekanisme tersendiri untuk membersihkan kotoran yang ada di dalamnya. Kotoran pada telinga atau serumen cairan yang diproduksi oleh kelenjar sebasea di dalam liang telinga, berfungsi menjaga kelembapan telinga bagian dalam, serumen juga mencegah partikel berbahaya masuk ke dalam telinga. Itulah kenapa, dokter menganjurkan untuk tidak membersihkan telinga apa lagi jika menggunakan cutton bud dan alat keras lainnya seperti peniti.

Langkah – langkah menjaga telinga agar tetap sehat yaitu :

  1. Melindungi telinga dari paparan suara yang keras, karena telinga mempunyai kapasitas yang terbatas untuk mendengar suara. Tidak semua suara masuk ke dalam kategori aman untuk didengar telinga. Terlalu sering terpapar dengan suara keras, dapat membuat kemampuan mendengar berkurang.
  2. Membersihkan telinga dengan cara yang tepat, jika telinga mempunyai kelebihan cairan di dalamnya, maka jangan membersihkannya dengan cutton bud atau alat keras lainnya tetapi dapat membersihkan daerah sekitar rongga telinga dengan handuk atau meminta bantuan tenaga medis profesional untuk membersihkannya.
  3. Menjaga telinga agar tetap kering, jika telinga terlalu lembap, dapat diakibatkan oleh bakteri berkembang di saluran telinga yang pada akhirnya bisa menyebabkan infeksi, untuk mengatasinya pastikan bahwa kondisi telinga selalu kering setelah mandi.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang Fungsi tulang tulang pendengaran dan saluran telinga: brainly.co.id/tugas/8364280
  2. Materi tentang bagian bagian telinga dan fungsinya: brainly.co.id/tugas/3418113
  3. Materi tentang penyakit pada telinga: brainly.co.id/tugas/943244

—————————–

Detil jawaban

Kelas : XI (SMA)

Mapel: Biologi

Bab: Struktur dan Fungsi Tulang, dan Sendi

Kode: 11.4.4

Kata Kunci: telinga, menjaga kebersihan telinga

Leave a Comment