Ikan yang bernapas dengan paru paru

Answered by wiki @


Kelas: V
Mata Pelajaran: Biologi
Materi: Sistem Pernafasan
Kata Kunci: Paru-paru

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan ini dengan dua jawaban:

Jawaban pendek:

Hewan air yang bernafas dengan paru paru:

1. Paus
2. Lumba-lumba
3. Duyung
4. Ular laut
5. Penyu

Jawaban panjang:

Kebanyakan hewan yang hidup di air bernafas dengan insang. Namun beberapa hewan air bernafas dengan paru-paru, terutama hewan laut yang berkerabat dan berevolusi dari hewan darat.

Mamalia atau hewan menyusui yang hidup di air bernafas dengan paru-paru, sama dengan mamalia darat. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah hewan dalam order Sirenia, seperti duyung dan sapi laut, hewan dalam order Cetacea seperti paus, dan lumba-lumba, serta hewan dalam order Pinipedia seperti anjing laut, singa laut dan walrus.

Hewan mamalia air ini harus keluar dari air untuk bernafas, karena paru paru hanya bisa menhirup oksigen dari udara, bukan dari air. Ini terlihat seperti pada paus yang menyembul ke permukaan air untuk bernafas.

Saat menyembul, hewan ini akan menghirup udara sebanyak-banyaknya agar bisa lama menahan nafas saat berenang.

Selain mamalia, reptil air juga menggunakan paru paru untuk bernafas. Contoh dari reptil laut ini adalah penyu, yang termasuk reptil dari order Testudines, serta iguana laut, buaya dan ular laut. Sama dengan mamalia air, reptil air juga hanya bisa bernafas dengan paru paru dengan menghirup udara sehingga harus keluar dari air atau muncul ke permukaan saat ingin bernafas.

Leave a Comment