Hukum melaksanakan shalat jumat bagi wanita adalah

Answered by wiki @


Hukum melaksanakan salat Jumat bagi wanita adalah sunnah

Pembahasan

haloo adik adik yang ganteng ganteng dan cantik cantik balik lagi nih sama kakak kece. Gimana kabar kalian? Insyaallah sehat sehat terus yaa. Kali ini kakak a1m akan mencoba membantu menjawab pertanyaan ini ya, kuy deh dibaca pelan pelan biar masuk hati ya

Sholat jumat merupakan ibadah yang wajib bagi setiap kaum muslimin yang sudah baligh, kalo belom akil baligh inshaallah diajak juga buat sholat jumat dimasjid ya. Banyak nih pertanyaan perempuan itu wajib gak sih sholat jumat? Atau kadang pas jumatan kita jumpai ada perempuan yang ikut sholat jumat, dan dalam hati kita bertanya tanya, emang boleh ya perempuan sholat jumat?

Daripada bingungkan,yuk kita bahas bareng kakak bakal jabarin perkara sholat jumat untuk perempuan itu boleh atau enggak?

1. Kesepakatan ulama bahwa perempuan gak wajib sholat jumat, walaupun lagi gak dalam kondisi sakit atau safar ya. Thoriq bin Zayib berkata dari Nabi Muhammad shallalahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda,“Sholat Jumat itu wajib bagi setiap muslim secara berjamaah selain empat orang yaitu budak, wanita, anak kecil, dan orang sakit.” (HR. Abu Daud 1067)

2. Ulama juga memiliki kesepatakan bahwasanya perempuan boleh mengikut ibadah sholat jumat dimasjid, dan tata caranya sama persis seperti para jamaah laki laki. Dalam kitab Al – Ijma’ no. 53 ibnu mundzir berkata,“Mereka (para ulama) sepakat bahwa jika ada wanita yang menghadiri Jumatan bersama imam, kemudian dia sholat bersama imam, maka itu sudah sah baginya.”

3. Kesepakan ulama juga mengatakan bahwasannya perempuan yang mau mengikuti ibadah jumat wajib mengerjakannya dimasjid bukan dirumah. Karena ibadah sholat jumat harus dikerjakan berjamaah dimasjid. Dan juga tidak boleh semuanya perempuan, harus ada jamaah laki lakinya, karena sholat jumat wajib bagi laki laki. Dalam fatwa Lajnah Daimah:“Jika wanita sholat Jumat bersama imam masjid, maka itu sudah cukup baginya sehinga tidak perlu sholat zuhur, sehingga tidak boleh melaksanakan sholat zuhur dihari itu (setelah jumatan). Namun jika dia sholat sendirian maka tidak ada kewajiban sholat baginya, kecuali sholat dhudur, dan dia tidak boleh sholat Jumat” (Majmu’ Fatwa, 7:337)

4. Lebih baik kalau perempuan sholat Dzuhur dirumah dan tidak melaksanakan ibadah jumat dimasjid. Seperti sabda baginda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam “Janganlah kalian menghalangi istri kalian untuk ke masjid. Dan rumah mereka itu lebih baik bagi mereka.” (HR. Abu Daud 567).

Alhamdulillah udah ketemu jawabannya yaa, untuk para kaum hawa yang cantik cantik mending jumatan dirumah aja yaa. Karena selain ibadah jumatan sunnah untuk kaum hawa, gak setiap masjid menyediakan hijab atau pembatas pada sholat jumat. Nanti sholatnya malahan gak khusyu gara gara ngeliat mas mas ganteng pas jumatan. Segini dulu yaa dari kakak, sampai berjumpa lagi

Jangan lupa terus berusaha dan berdoa!

Pelajari lebih lanjut

1. Fatihah rukun atau sunahnya sholat brainly.co.id/tugas/18111670

2. Apa isi kandungan surah al ahzab ayat 32-33 sebagai perintah pertama menutup aurat?

cek di sini brainly.co.id/tugas/7756417

3. Cakupan makna ulil amri adalah

cek di sini brainly.co.id/tugas/7876243

—————————–

Detil jawaban

Kelas: 7 SMP

Mapel: Agama

Bab: Bab 8 – Salat Berjama’ah dan Salat Sendiri (Munfarid)

Kode: 7.14.8

Kata Kunci: Sholat jumat, jamaah, ibadah, sunnah, wajib

#AyoBelajar

Leave a Comment