Gerhana matahari total terjadi apabila

Answered by wiki @


Jawaban:

Gerhana matahari total terjadi apabila bagian bumi terkena umbra bulan. Umbar merupakan daerah gelap yang sejatinya adalah bayangan bulan. Penduduk bumi yang tinggal di tempat dimana umbra jatuh akan melihat gerhana matahari toal atau cincin (terantung seberapa jauh letak bulan).

Penjelasan:

Gerhana merupakan fenomena terhalangnya cahaya matahari/bulan akibat posisi matahari, bumi, dan bulan berada dalam posisi yang sejajar. Pada fenomena gerhana matahari, bulan berada di antara matahari dan bumi, sedemikian sehingga bulan akan menghalangi matahari. Namun karena ukuran bulan itu jauh lebih kecil dari matahari, maka bentuk matahari yang tertutupi bulan ini akan berbeda-beda, tergantung dari wilayah mana kita melihat.

Saat bulan menutupi matahari, bulan akan membentuk dua wilayah bayangan. Wilayah pertama disebut penumbra. Dari wilayah ini, bulan hanya terlihat menutupi sebagian matahari saja. Wilayah kedua adalah umbra, yang berada persis di bawah bayang-bayang bulan. Umbra lebih gelap dari penumbra. Di daerah ini bulan akan terlhat menutupi matahari sepenuhnya. Lalu bergantung pada seberapa jauh posisi bulan saat gerhana terjadi, dari wilayah umbra ini gerhana akan terlihat antara sebagai gerhana matahari total atau gerhana matahari cincin.

Pelajari lebih lanjut :

Ilustrasi gerhana : brainly.co.id/tugas/15743633

Detil jawaban :

Kelas : 8

Mapel : IPA

Bab : Tata Surya

Kode : 8.4.10

Kata kunci: gerhana, total, matahari  

#TingkatkanPrestasimu

Leave a Comment