Fungsi hormon antidiuretika adh adalah untuk mengatur

Answered by wiki @


Fungsi Hormon Antidiuretika (ADH) adalah untuk mengatur D. urine yang dapat keluar.

Karena hormon ADH merupakan hormon yang mengatur jumlah air dalam tubuh yang akan diserap oleh organ hati, sehingga berpengaruh terhadap jumlah urin yang akan disekresikan.

Pembahasan

Hormon ADH atau Antidiuretik hormone merupakan hormon yang disekresikan oleh hypothalamus, dan selanjutnya hormon ADH akan disimpan pada lobus pituitary posterior.  Hormon ADH memiliki peran dalam mengatur kadar air dalam tubuh yang diserap oleh organ hati. Stimulasi produksi hormon ADH dipengaruhi oleh penurunan volume darah intravascular atau tekanan osmosis cairan dalam tubuh.  

Cara Kerja Hormon ADH

Mekanisme kerja Hormon ADH yaitu dengan cara mengatur kembali penyerapan molekul yang berada pada ginjal dengan cara memengaruhi permeabilitas jaringan dinding tubulus ginjal, sehingga mempengaruhi jumlah pengeluaran urin.  

Pada pembentukan urin, hormon ADH akan mempengaruhi kinerja penyerapan air di tubulus kontortus proksimal. Jadi, apabila terjadi peningkatan kadar hormon ADH maka tubuh akan mempertahankan kadar air di dalam darah dengan cara mengeluarkan air dari nefron melalui tubulus kontortus proksimal. Selanjutnya, air pada nefron akan keluar dan akan dilakukan penyerapan kembali oleh tubuh, sehingga volume urin akan menurun (berkurang).  

Jadi, pengaruh hormon ADH dalam tingkat seksresi urine adalah  :

  • Sekresi hormon ADH menurun maka volume urine meningkat
  • Sekresi hormon ADH meningkat maka volume urine menurun

Pelajari lebih lanjut  

1. Materi tentang organ urinaria manusia brainly.co.id/tugas/6715308

2. Materi tentang proses pembentukan urine brainly.co.id/tugas/305829

3. Materi tentang kandungan urine brainly.co.id/tugas/22018780

—————————–

 

Detil jawaban

Kelas: 11 SMA

Mapel: Biologi

Bab: Sistem Ekskresi

Kode: 11.4.8

#TingkatkanPrestasimu

Leave a Comment