Fungsi fakta dalam teks eksposisi

Answered by wiki @


Teks eksposisi adalah teks yang berisi informasi yang jelas, singkat dan padat. Teks eksposisi juga berisi fakta guna menambah pengetahuan atau wawasan pembaca. Teks eksposisi berisi struktur yang harus dimuat dalam penulisan teks. Struktur teks eksposisi ada tiga bagian yaitu tesis, rangkaian argumen dan penegasan ulang. Tesis adalah pokok permasalahan yang disampaikan oleh penulis, bagian kedua yaitu rangkaian argumen merupakan pendapat yang disampaikan oleh penulis mengenai pokok permasalahannya, pada bagian rangkaian argumen ini pula fakta-fakta disampaikan. Fakta-fakta tersebut berisi argumen pendukung untuk memperkuat gagasan atau pokok permasalahan. Lalu bagian ketiga adalah penegasan ulang berisi simpulan yang menegaskan kembali tentang pokok pikiran yang telah disampaikan di bagian utama beserta pendapat yang ada pada bagian kedua.

Pembahasan:

  1. Fungsi fakta dalam teks eksposisi bertujuan untuk memberikan informasi sehingga isi dari teks harus berupa fakta yang sebenarnya atau kejadian yang benar-benar terjadi dan fakta dapat dipertanggungjawabkan. Fakta dapat berupa data, angka, peristiwa atau informasi lain yang dapat dibuktikan kebenarannya.
  2. Fungsi fakta dalam teks eksposisi juga berguna untuk memperkuat argumentasi penulis. Meskipun demikian, teks eksposisi juga memuat opini dari penulis sebagai sebuah bentuk prespektif, pengalaman, pemikiran penulis.

Pelajari lebih lanjut:

1. Materi tentang contoh teks eksposisi (brainly.co.id/tugas/17654578)

2. Materi tentang macam-macam teks (brainly.co.id/tugas/28291919)

3. Materi tentang ciri-ciri teks eksposisi (brainly.co.id/tugas/17853058)

Detail jawaban:

Kelas: IX

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: 11

Kode: 9.1.11

#JadiRangkingSatu

Leave a Comment