Faktor faktor penyebab keberagaman masyarakat indonesia

Answered by wiki @


10 Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia, yaitu:  

1. Letak strategis wilayah Indonesia  

2. Kondisi negara kepulauan  

3. Perbedaan kondisi alam  

4. Keadaan transportasi dan komunikasi  

5. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan  

6. Faktor Sejarah  

7. Faktor Agama  

8. Pegaruh kebudayaan asing  

9. Ras  

10. Golongan atau kelompok dalam masyarakat  

Pembahasan  

Masyarakat yang tinggal di daerah kalian merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Indonesia terdiri atas 34 provinsi dengan ribuan pulau yang ada di dalamnya. Luas dan besarnya wilayah Indonesia berpengaruh terhadap banyaknya keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia.  

Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang di Indonesia. Perbedaan tersebut terutama dalam hal suku bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial-budaya, ekonomi, dan jenis kelamin. Keanekaragaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan kekayaan dan keindahan bangsa.  

Keberagaman dalam masyarakat dapat menjadi tantangan karena orang yang berbeda pendapat yang lepas kendali. Tumbuhnya perasaan kedaerahan dan kesukuan dapat berlebihan dan diiringi tindakan yang merusak persatuan dapat mengancam keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, upaya meningkatkan kerukunan antar suku, pemeluk agama, dan kelompok-kelompok sosial lainnya perlu dilaksanakan. Upaya mewujudkan kerukunan dapat dilakukan melalui dialog dan kerja sama dengan prinsip kebersamaan, kesetaraan, toleransi, dan saling menghormati.  

Keanekaragaman golongan atau kelompok dalam masyarakat merupakan gejala yang selalu ada dalam kehidupan manusia dan kedudukannya sangat penting. Para ahli sosiologi memandang kelompok atau golongan merupakan unsur yang sangat penting dalam masyarakat dan tidak mungkin masyarakat tanpa ada kelompok sosial di dalamnya.  

Keberagaman ras penduduk Indonesia disebabkan oleh kehadiran bangsa asing ke wilayah Indonesia. Beberapa ras yang ada di Indonesia diantaranya ras malayan-mongoloid yang tersebar di wilayah sumatra, kalimantan, sulawesi, jawa, bali. Ras malanesoid yang tersebar di daerah Papua, NTT dan maluku. Ras Kaukosoid yakni orang India, timur Tengah, Australia, Eropa dan Amerika. Ras Asiatic mongoloid yakni orang Tionghoa, Korea dan Jepang. Ras ini tinggal dan menyebar di seluruh wilayah Indonesia dan terkadang mendiami wilayah tertentu. Ras Kaukasoid yakni orang India, Timur Tengah, Australia, Eropa, dan Amerika.  

Pelajari lebih lanjut  

Materi Tentang faktor penyebab keberagaman masyarakat indonesia brainly.co.id/tugas/2189283  

——————————————-  

Detail jawaban  

Kelas : 11 – SMA  

Mapel : Sosiologi  

Bab : Perbedaan, Keragaman, dan Harmoni Sosial  

Kode : –  

Kata Kunci : Faktor keberagaman  

Leave a Comment