Contoh kasus pengingkaran kewajiban warga negara

Answered by wiki @


Kewajiban warga negara merupakan segala sesuatu yang harus dilaksanakan oleh warga negara yang telah diatur dalam ketentuan perundang-undangan.

Contoh kewajiban warga negara:

a. Kewajiban membayar pajak

b. Kewajiban menaati hukum

c. Kewajiban membela dan mempertahankan kedaulatan

d. Kewajiban menghormati HAM

Contoh pengingkaran kewajiban warga negara

a. Tidak mau membayar pajak, padahal kewajiban warga negara untuk membayar pajak sudah termuat pada pasal 23 ayat 2 UUD 1945 yang berbunyi segala pajak untuk keperluan negara berdasar undang-undang

b. Melanggar hak asasi manusia lain pada pasal 28j ayat 1 UUD 1945 yang berbunyi “Setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia“. Namun tidak semua orang dapat mematuhi aturan tersebut. Nyatanya masih banyak orang yang melanggar hak asasi manusia lain contohnya membunuh, melukai, mencemarkan nama baik dan masih banyak lagi.

c. Tidak ikut serta dalam pembelaan negara padahal setiap warga negara diwajibkan untuk melakukan pembelaan terhadap negaranya seperti bunyi pasal 30 ayat 1 UUD 1945 yang berbunyi “tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara” . Contoh: seorang siswa tidak bersungguh-sungguh dalam melkasanakan tugasnya sebagai siswa.

d. Tidak ikut serta mencapai tujuan pembangunan nasional

Contoh pengingkaran Kewajiban: seorang warga negara yang tidak peduli dengan pendidikan di lingkungan terutama di keluarganya. Para pemuda yang membuat kerusuhan.

e. Tidak menaati peraturan lalu lintas

Contohnya parkir di sembarang tempat, menerobos lampu merah, tidak membawa surat-surat mengemudi dan masih banyak lainnya. Perbuatan tersebut selain melanggar undang-undang lalu lintas juga melanggar kewajiban menghormati hak orang lain

f. Merusak fasilitas umum dan membuang sampah sembarangan

Perbuatan tersebut juga termasuk pengingkaran terhadap kewajiban warga negara menjaga lingkungan dan alam sekitarnya, padahal lingkungan lingkungan alam sekitar tersebut sangat bermanfaat bagi manusia, sebagai warga negara yang baik kita harus menjaga lingkungan kita.

g. tidak jujur

Seperti siswa yang selalu mencontek pada saat ujian. Pejabat yang korupsi yang memakan uang rakyat sendiri perbuatan tersebut merupakan pengingkaran kewajiban warga negara.

h. selalu bertindak seenak

Seperti bertindak egois dan selalu menyakiti hati orang lain.

Untuk belajar lebih lanjut mengenai kasus pengingkaran kewajiban warga negara, dpat di simak pada link berikut brainly.co.id/tugas/169492

Semoga membantu.

Detil tambahan

Kelas:  8 SMP

Mapel:  Ppkn

Kategori: –

Kata kunci: Peningkaran kewajiban warga negara

Leave a Comment