Cara merawat tanaman untuk anak sd

Answered by wiki @


Tata cara merawat tanaman :

  1. Mengetahui tata cara menyiram
  2. Tambah kelembaban
  3. Atur pencahayaan
  4. Mengubah media tanam
  5. Bersihkan tanaman
  6. Periksa hama dan serangga  
  7. Mengganti pot
  8. Potong ranting
  9. Memberikan pupuk alami
  10. Tidak membiarkan tanaman hidup sendiri

Table of Contents

Pembahasan

Mengetahui tata cara menyiram, setiap pot pasti memiliki bulatan sebagai tempat keluarnya air. Siramlah sampai air meluap dan keluar dari lubang tersebut. Hentikan segera ketika air sudah keluar karena apabila kelebihan air, tanaman akan membusuk.

Tambah kelembaban, jika tanaman kurang lembab, maka tanaman segera ditempatkan pada tempat yang lebih lembab. Adanya bintik-bintik coklat pada daun merupakan penandanya.

Atur pencahayaan, beberapa tanaman membutuhkan pencahayaan terang untuk dapat melakukan fotosintesis. Oleh karena itu, tingkat pencahayaan sinar matahari penting bagi tanaman.

Mengubah media tanam, tanaman tetap tidak tumbuh maksimal meskipun air dan pencahayaan sudah tepat. Solusinya dengan mengganti media tanam. Tidak harus mengganti dengan arang atau kristal, tetapi mengganti dengan tanah baru dapat memperbaharui nutrisi tanaman.

Bersihkan tanaman, tanaman menginginkan agar terlihat bersih dan terbebas dari kotoran, maka dari itu, bersihkan daun dengan kain halus atau cukup hindarkan dari debu.

Periksa hama dan serangga, tanaman dan bunga dapat menarik perhatian hama dan serangga. Hal tersebut bukanlah hal yang baik jika tidak membantu penyerbukan tetapi justru merusak tanaman.

Mengganti pot, ganti pot sesuai dengan ukuran dan umur tanaman. Hal tersebut dapat membantu tumbuhan agar lebih sehat.

Potong ranting, memotong ranting kecil atau bunga kering yang menggangu tidak akan membuat tanaman mati. Tetapi, hal tersebut dapat membantu agar tanaman terlihat lebih bagus.

Memberikan pupuk alami, tambahkan kotoran dan kompos ke dalam tanah agar nutrisi yang dibutuhkan pada masa pertumbuhan dapat didapatkan secara maksimal.  

Tidak membiarkan tanaman hidup sendirian, diusahakan untuk membeli tanaman lebih dari satu dan dapat diletakkan secara berdekatan.

 

Detail Jawaban

Kelas          : X

Mapel         : Biologi

Bab           : Bab 2 – Keanekaragaman Hayati

Kode         : 10.4.2

#AyoBelajar

Leave a Comment