Blok sekutu dalam perang dunia ii

Answered by wiki @


Negara Sentral (Axis):

  1. Jerman,  
  2. Italia,  
  3. Jepang,  
  4. Negara kecil yang merupakan negara boneka atau yang diduduki, seperti Kroasia, Slovakia, Hungaria, Thailand, dan Romania

Negara Sekutu (Allies):

  1. Amerika Serikat,
  2. Ingris,
  3. Perancis
  4. Polandia,
  5. Uni Sovyet,
  6. China
  7. Negara lain seperti Belanda, Belgia, Denmark, Norwegia dan wilayah koloni Inggris seperti India, Kanada, Australia dan Selandia Baru

Pembahasan:

Di Eropa, Jerman dibawah Adolf Hitler adalah negara yang memulai Perang Dunia II dengan menyerang Polandia pada 1 September 1939.

Negara Sentral (Axis) yang dipimpin Jerman, berperang melawan negara Sekutu (Allies) yang dipimpin oleh Inggris dan Amerika Serikat.

Negara Sentral terdiri atas:

  1. Jerman: Jerman dibawah Adolf Hitler adalah negara yang memulai Perang Dunia II dengan menyerang Polandia. Setelah menaklukkan Polandia, Jerman menaklukkan Perancis, Denmark, Norwegia, Yugoslavia, dan Belgia. Namun Jerman gagal menaklukkan Inggris dan Uni Sovyet. Kegagalan ini menjadi awal kekalahan Jerman, terutama Setelah Amerika Serikat ikut perang melawan mereka
  2. Italia: Italia adalah negara fasis yang dipimpin oleh Benito Mussolini. Negara ini menjadi sekutu Jerman dan ikut perang ketika Jerman menginvasi Polandia.
  3. Jepang: Jepang awalnya terlibat perang dengan China sejak tahun 1937. Awalnya perang ini terpisah dari Perang Dunia II, namun kemudian menjadi berkaitan setelah Jepang di bawah Perdana Menteri Hideki Tojo memutuskan menyerang Amerika di Pearl Harbor pada tahun 1942 dan menguasai wilayah jajahan Inggris, Perancis dan Belanda di Asia Tenggara.
  4. Negara lain: Kroasia (di bawah Ante Pavelić) dan Slovakia (di bawah Josep Tiso) dibentuk sebagai negara boneka Jerman, masing-masing dari wilayah Yugoslavia dan Cekoslovakia, yang diduduki Jerman. Romania dan Hungaria dibawah pimpinan partai Fasis ikut membantu Jerman setelah Jerman menyerang Uni Sovyet/Russia. Sementara Thailand di bawah Plaek Phibunsongkhram menjadi sekutu Jepang karena menginginkan wilayah jajahan Perancis di Kamboja, dan wilayah jajahan Inggris di Malaya.  

Pelajari Lebih Lanjut bab kekalahan blok Sentral terhadap Sekutu di: brainly.co.id/tugas/607845

Pelajari lebih lanjut akhir Perang Dunia II di: brainly.co.id/tugas/3081604

Pelajari lebih lanjut pengaruh Perang Dunia II di: brainly.co.id/tugas/18088460

Sementara itu, Negara Sekutu (Allies) adalah:  

  1. Amerika Serikat: Amerika yang dipimpin Presiden Franklin D. Roosevelt, adalah negara dengan tentara terbesar di Sekutu, meski mereka ikut terlibat perang baru setelah Jepang menyerang pangkalan mereka di Pearl Harbor pada tahun 1942.
  2. Inggris: Inggris menyatakan perang setelah Jerman menyerang Polandia. Tentara Inggris awalnya kalah dan harus dievakuasi dari daratan Eropa, namun mereka berhasil mengalahkan Jerman dalam pertempuran udara di Inggris dan menghalangi rencana Jerman meguasai Inggris. Setelah kedatangan Amerika Serikat, Inggris ikut menyerang balik Jerman dalam pendaratan Normandia pada tahun 1944. Selama sebagian masa perang, Inggris dipimpin oleh Perdana Menteri Winston Churchill
  3. Perancis: Perancis menyatakan perang setelah Jerman menyerang Polandia, namun Perancis dengan mudah dikalahkan Jerman dan menjadi negara boneka, sampai akhirnya bisa dibebaskan setelah Amerika memimpin serangan balik. Jenderal Charled de Gaulle memimpin perlawanan Perancis pada Jerman yang menduduki negara ini.
  4. Polandia: Polandia adalah sasaran awal Jerman pada serangannya tahun 1939. Setelah Polandia ditaklukkan, para tentaranya mengungsi dan bergabung dengan tentara Sekutu lain untuk terus melawan Jerman
  5. Uni Sovyet: awalnya Uni Sovyet bersikap netral saat Jerman menyerang Polandia. Bahkan Uni Sovyet mengambil keuntunagan dari situasi ini dengan menduduki wilayah timur Polandia. Akhirnya Uni Sovyet di bawah Joseh Stalin bergabung dengan Sekutu setelah Jerman menyerang Uni Sovyet dalam Operasi Barbarossa pada tahun 1941.
  6. China: China yang dipimpin Chiang Kai-Sel awalnya berperang dengan Jepang sejak 1937. Awalnya perang ini terpisah dari Perang Dunia II, namun kemudian menjadi berkaitan setelah Jepang memutuskan menyerang Amerika di Pearl Harbor pada tahun 1942 dan menguasai wilayah jajahan Inggris, Perancis dan Belanda di Asia Tenggara.
  7. Negara lain: Belanda dan Belgia bergabung setelah Jerman menyerang negara ini untuk jalan pintas dalam menyerang Perancis. Denmark dan Norwegia bergabung setelah Jerman menyerang negara ini untuk menguasai pesisir laut Utara untuk menghalangi kapal Sekutu. Australia, Selandia Baru, Kanada dan India berperang disisi Sekutu karena statusnya sebagai negara bawahan Inggris saat itu.

Sementara itu banyak negara lain seperti Swedia dan Swiss tetap netral karena tidak ingin Jerman menyerang negara mereka.

 

————————————————————————————–

Detail Jawaban:      

Kode: 11.3.1  

Kelas: XI  

Mata pelajaran: IPS / Sejarah  

Materi: Bab 1 – Bangsa Eropa di Indonesia  

Kata kunci: Perang Dunia II


Leave a Comment