Bilik kanan pada jantung berfungsi untuk

Answered by wiki @


Fungsi bilik kanan pada jantung manusia: memompa darah kotor (sedikit oksigen dan banyak karbon dioksida) menuju ke paru-paru, melalui arteri pulmonalis

Fungsi bilik kiri pada jantung manusia: memompa darah bersih (kaya oksigen dan sedikit karbon dioksida)ke seluruh tubuh yang masuk lewat aorta

Pembahasan:

Jantung manusia memiliki 4 bagian yang terpisah, sehingga darah manusia saat dipompa oleh jantung tidak akan tercampur antara yang bersih (kaya oksigen) dengan yang kotor (mengandung karbon dioksida).

Serambi atau atrium adalah dua bagian atas pada jantung, tempat darah masuk ke jantung. Bilik atau ventrikel adalah dua bagian bawah pada jantung, tempat darah keluar dari jantung.

  1. Serambi kanan: menerima darah yang kotor yang rendah kadar oksigennya (O2) namun banyak mengandung karbon dioksida (CO2) dari vena (pembuluh balik).
  2. Bilik kanan: memompa darah kotor ke arteri pulmonalis menuju ke paru-paru. Darah  masuk ke bilik (ventrikel) kanan melalui katup trikuspid.  
  3. Serambi kiri: menerima darah bersih kaya oksigen )O2) dari paru-paru melalui vena pulmonalis. Dari serambi kiri darah ini dipompa ke  bilik kiri (melalui katup mitral).  
  4. Bilik kiri: memompa darah bersih keluar melalui aorta (pembuluh nadi) menuju ke seluruh tubuh.

Sekat di antara jantung bagian kanan ( serambi kanan dan bilik kanan ) dengan jantung bagian kiri ( serambi kiri dan bilik kiri ) disebut septrum interventrikuler yang berupa otot-otot tebal.

Pelajari lebih lanjut perbedaan serambi kiri dengan bilik kiri di: brainly.co.id/tugas/21150716

Pelajari lebih lanjut siklus pemompaan darah oleh jantung di: brainly.co.id/tugas/13077645

Karena serambi ini berfungsi memompa darah, maka dinding jantung di bilik lebih tebal dibanding dinding bilik. Dengan dinding yang lebih tebal ini, maka tekanan darah yang dihasilkan oleh bilik akan lebih besar pula.  

Kemudian bilik kiri memiliki dinding yang lebih tebal lagi, bila dibandingkan bilik kanan, karena bilik kiri harus memompa ke paru-paru ke seluruh tubuh, sementara bilik kanan hanya memompa darah sampai ke paru-paru saja.

Sementara, serambi yang berfungsi menerima darah memiliki katup yang dapat mengatur aliran masuk darah ke jantung.  

Pelajari lebih lanjut mengapa bilik kiri jantung berdinding lebih tebal di: brainly.co.id/tugas/21032055

—————————————————————–

Detail Jawaban:

Kode: 11.4.5

Kelas: XI

Mata Pelajaran: Biologi  

Materi: Bab 5 – Sistem Peredaran Darah

Kata Kunci: Bagian Jantung

Leave a Comment