Bagaimana cara kerja panel surya secara sederhana

Answered by wiki @


Cara kerja panel surya adalah dengan mengubah energi sinar matahari menjadi energi listrik.

Panel surya pada pembangkit listrik tenaga surya ini bekerja dengan memanfaatkan efek fotovoltaik, sehingga radiasi sinar matahari dapat membuat elektron lepas dari atom, menghasilkan aliran listrik

Pembahasan:

Sel surya atau panel surya bekerja merubah energi sinar matahari menjadi energi listrik. Sel surya secara komersial dikembangkan sejak tahun 1954 oleh Bell Labs di Amerika Serikat.

Sel surya ini beroperasi dengan memanfaatkan fenomena efek fotovoltaik. Pada fenomena ini, ketika foton (partikel cahaya) dari sinar matahari mengenai suatu permukaan dengan energi tertentu, maka elektron di atom-atom pada permukaan tersebut akan lepas. Lepasnya elektron ini akan menyebabkan permukaan bermuatan listrik dan menyebabkan arus listrik. Asus listrik ini dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik.

Umumnya sel surya terbuat dari panel atau lapisan tipis yang terbuat dari silikon, yang dilengkapi unsur lain seperti boron, fosfor dan logam-logam seperti galium.

Sel surya merupakan sumber energi yang terperbarukan (renewable). berbeda dengan sumber energi berupa bahan bakar fosil yang akan habis bila terus digunakan, energi dari sinar matahari tidak akan habis.

Selain itu, sel surya juga tidak mengakibatkan polusi dalam operasinya, sehingga tidak menimbulkan pencemaran udara. Ini berbeda dengan pembangkit listrik tenaga uap yang menggunakan bahan bakar batu bara, yang menghasilkan banyak asap yang mencemari udara.  

Pelajari lebih lanjut pengaruh faktor abiotik cahaya matahari terhadap makhluk hidup di bumi di: brainly.co.id/tugas/1111308

Pelajari lebih lanjut kenapa baterai disebut elemen kering di: brainly.co.id/tugas/2719967

Pelajari lebih lanjut kelebihan dan kelemahan tenaga surya di: brainly.co.id/tugas/5077386  

————————————————————————————-

Detail Jawaban:      

Kode: 7.7.5

Kelas: VII

Mata pelajaran: Kimia  

Materi: Bab 5 – Karakteristik Zat

Kata kunci: Panel Surya


Leave a Comment