Arti surat al imran ayat 159

Answered by wiki @


Pendahuluan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Halo adik-adik para pejuang pencari ilmu, bagaimana kabarnya ?. kali ini Insha Allah kakak akan membantu menjawab pertanyaan “Surah Al-Imran ayat 159 beserta artinya”. adik-adik, agar dapat lebih memahami ayat ini, kaka juga akan menjelaskan mendetail mengenai ayat ini ya, . Yuk kita mulai !

pembahasan

surat ali-imran ayat 159

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

artinya :

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

Sebab turunnya ayat ke 159 surat Ali Imran adalah seusai terjadi Perang Uhud, para pemanah yang Rasulullah perintahkan untuk tidak turun dari bukit sampai Rasulullah perintahkan untuk turun, mengabaikan perintah Rasulullah karena mereka khilaf mengira tentara kaum muslimin telah menang, sehingga mereka berbondong-bondong turun untuk mengambil ghanimah/rampasan perang, sehingga hanya tersisa sedikit saja.  melihat hal ini tentara kafir Quraisy dipimpin oleh sayiddina khalid bin walid yang saat ini belum masuk islam melihat kesempatan dan menyerang dari belakang, tak ada pengahalang, akhirnya tentara muslim terjepit dari 2 arah yang mengakbitkan kekalahan kaum muslimin, dan disaat ini syahidlah sayiddina Hamzah, paman nabi tercinta.

kesimpulan

ditengah kesedihan dan kekecewaan , ALLAH turunkan ayat ini sebagai hiburan dan arahan kepada Rasulullah agar tidak marah kepada para sahabatnya. sungguh mulia akhlak Rasulullah, semoga kita termasuk orang yang mendapatkan syafaatnya kelak.

Demikian jawaban kakak, semoga dapat membantu, nah adik-adik untuk soal-soal perkara agama lain, adik-adik bisa cek link dibawah ini yaa. Insha ALLAh jawaban-jawabannya khair karena sudah terverifikasi oleh team brainly . cekidot !

Berapa lamakah kaum muslimin.dengan bujukan,siksaan fisik,juga melakukan pemboikotan brainly.co.id/tugas/17277374

Jelaskan makna dr qs al hujurat ayat 10 brainly.co.id/tugas/17275907

carilah tauhid uluhiyah asma wasifat dan rububiyah di surat al iklas dan jelaskan  brainly.co.id/tugas/17281708

Oke adik adik Semangat belajarnya yaa !!!

#optitimcompetition

…………………………………………………………………………………………………………………………..

Kelas : VII

Pelajaran : Agama

Kategori :  Bab 9 – SEJARAH NABI MUHAMMAD

Kata Kunci : surah ali imron 159

Kode :7.14.9

Leave a Comment