Apa yang dimaksud dengan kewajiban warga negara

Answered by wiki @


Kewajiban warga negara adalah segala hal yang harus dilakukan (wajib) oleh masyarakat kepada negara untuk memperoleh haknya.

Pembahasan

Kewajiban warga negara sudah tidak lagi asing karena dalam kehidupan, kita selalu melaksanakan kewajiban warga negara. Kewajiban ini sifatnya pasti. Mengapa? Karena hasil dari kewajiban ini akan kembali lagi ke kita.

Contoh dari kewajiban warga negara adalah membayar pajak. Membayar pajak disini tujuannya adalah untuk mendanai dalam pembangunan fasilitas yang dibangun di negara ini. Yang dimana fasilitas tersebut akan digunakan oleh kita sebagai hak warga negara.  Kewajiban membayar pajak pun doatir dalam lasal 23A UUD 1945 yang berbunyi, “Pajak dan pungutan lain bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dengan undang-undang”

Contoh lainnya adalah kewajiban dalam menaati hukum dan pemerintahan yang disebutkan dalam Pasal 27 ayat (1) UUD 1945 yang berbunyi,  “Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya”.

Dan menjaga pertahanan dan keamanan negara yang disebutkan dalam Pasal 30 ayat (1) UUD 1945, “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara”., dan ikut serta dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh negara.

Jadikan jawaban terbaik ya jika berkenan, thanks 🙂

Leave a Comment