Alat untuk memukul bola tenis meja adalah

Answered by wiki @


Jawaban: Jawaban untuk nomor 1 : A. Bet. Jawaban untuk nomor 2 B) raket

untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ya 🙂

Penjelasan:

Tenis meja merupakan jenis olahraga yang termasuk kategori permainan bola kecil. Tenis meja dikategorikan termasuk permainan bola kecil karena dalam permainan tenis meja bola yang digunakan berukuran kecil. pada permainan ini dapat dikategorikan dalam dua jenis perlombaan yaitu kategori ganda dan kategori tunggal baik pria maupun wanita. Namun pada katerogi ganda terdapat beberapa jenis lainnya yaitu ganda putri, putra serta ganda campuran. Untuk menjadi permainan tenis meja harus memiliki dasar-dasar permainan yang harus dikuasi oleh setiap pemain.

Jumlah pemain dalam olahraga tenis meja atau ping pong yaitu 2 dan 4 karena pada dasarnya dalam permainan tenis meja dikategorikan dalam dua jenis yaitu kategori tunggal dengan jumlah pemain 2 orang dan kategori ganda yaitu berjumlah 4 orang. Karena dasar-dasar permainan tersebut merupakan hal yang penting untuk memperoleh permainan yang terbaik disetiap pertandingan dan mengurangi resiko cidera pada saat permainan berlangsung. Dasar-dasar bermain tenis meja salah satunya adalah teknik pukulan dengan menggunakan bet.

Beberapa teknik pukulan yang dapat digunakan dalam permainan tenis meja adalah :

1. Block / Blok

Blok merupakan suatu Teknik memukul bola dengan gerakan menghentikan dalam sikap bet yang tertutup. Pada dasarmua teknik ini digunakan untuk mengembalikan bola dengan teknik drive atau bola dengan putaran. Hal yang perlu diperhatikan pada teknik ini yaitu setelah bola memantul dari meja, hal ini dilakukan agar lawan tidak bisa melakukan serangan balik dengan cepat karena sudah diblock dan kembali dengan cepat.

2. Chop

Tekhnik chop adalah pukulan backspin, yang sifatnya bertahan.

3. Drive

Teknik drive merupakan pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari bawah serong ke atas dan sikap bet tertutup. Drive biasanya digunakan sebagai pukulan serangan yang dapat dikontrol sesuai dengan keinginan.

4. Push

teknik Push atau dorongan adalah teknik memukul bola (pingpong) dengan gerakan mendorong dan sikap bet terbuka, biasanya digunakan untuk mengembalikan pukulan pukulan push itu sendiri dan pukulan chop dari lawan.

5. Lob

Teknik pukulan Lob merupakan teknik memukul bola lambung ke arah lawan agar lawan sulit mengembalikan bola ke arah pertahanan. Teknik Lob ini mengguanakan pukulan bertahan secara total yang digunakan untuk menghadapi smash. teknik lob yang baik pada dasarnya memiliki tinggi dapat mencapai 2-4 meter atau lebih diudara.

6. Smash

Pada teknik pukulan bola yang dilakukan secara keras dan tajam ke arah daerah lawan. Pada dasarnya pukulan smash dilakukan untuk mengeksekusi bola lambung dan bola yang dikembalikan lawan relatif tinggi, biasanya di atas meja maupun di belakang meja. Teknik ini harusnya cukup mematikan karena dilakukan dengan tenaga keras sehingga menghasilkan poin kemenangan.

7. Spin  

Teknik spin dilakukan dengan cara bola dipukul membentuk angle atau sudut tertentu sehingga bola memutar. Pada dasarnya Spin adalah pukulan dimana reket dimiringkan.

Pelajari lebih lanjut

  1. materi tentang gerak spesifik dan teknik dasar brainly.co.id/tugas/22413897
  2. materi tentang teknik dasar permainan tenis meja brainly.co.id/tugas/7206079
  3. materi tentang teknik dasar bermain tenis meja brainly.co.id/tugas/5225598

—————————–

Detil jawaban  

Kelas  :  5

Mapel : Penjaskes

Bab    : Aktivitas Permainan dan Olahraga 1

Kode  : 5.22.1

Kata Kunci : Tenis meja, Pukulan, Bola, Olah raga, Jenis.

Leave a Comment