Al maidah ayat 2 dan artinya

Answered by wiki @


Surat Al-Maidah ayat 2 :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُحِلُّوْا شَعَاۤىِٕرَ اللّٰهِ وَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ وَلَا الْهَدْيَ وَلَا الْقَلَاۤىِٕدَ وَلَآ اٰۤمِّيْنَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ يَبْتَغُوْنَ فَضْلًا مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرِضْوَانًا ۗوَاِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُوْا ۗوَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ اَنْ صَدُّوْكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اَنْ تَعْتَدُوْۘا وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu melanggar syiar-syiar kesucian Allah, dan jangan (melanggar kehormatan) bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) hadyu (hewan-hewan kurban) dan qala’id (hewan-hewan kurban yang diberi tanda), dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitulharam; mereka mencari karunia dan keridaan Tuhannya. Tetapi apabila kamu telah menyelesaikan ihram, maka bolehlah kamu berburu. Jangan sampai kebencian(mu) kepada suatu kaum karena mereka menghalang-halangimu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat melampaui batas (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksaan-Nya.


Table of Contents

Pembahasan

Surat al-maidah adalah surat yang ke 5 berdasarkan urutan penulisan dalam mushaf al-qur’an, yang terdiri dari 120 ayat dan termasuk surat madaiyah, meskipun ada ayat yang diturunkan di kota makkah namun diturunkannya sesudah Nabi hijrah maka disebut surat madaniyah.

Al-Maidah ayat 2 ini menjelaskan tentang

  1. Larangan berperang pada bulan tertentu
  2. Larangan menyiksa binatang
  3. Perintah tolong menolong dalam kebaikan
  4. Larangan tolong menolong dalam keburukan
  5. Perintah bertakwa kepada Allah

Pelajari Lebih Lanjut

=====================

Detail Jawaban

Kelas: 10  

Mapel: PAI

Kategori: Bab 4 – Al-Qur’an dan Hadis adalah Pedoman Hidupku

Kode: 10.14.4

#AyoBelajar

Leave a Comment