Al hujurat ayat 12 dan artinya

Answered by wiki @


Surah al hujurat ayat 12 dan artinya adalah يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ (Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. )

Table of Contents

PEMBAHASAN

Halo adik-adik para pejuang pencari ilmu, bagaimana kabarnya ?. kali ini Insha Allah kakak akan membantu menjawab pertanyaan adik-adik diatas ya, yang adik-adik tanyakan itu merupakan potongan ayat dari surah AL hujarat ayat 12. Yuk kita mulai pembahasannya.

Surah Al Hujurat merupakan surah ke 4, yang terletak pada juz 26 dalam Al Quran. Surah in iterdiri dari 18 ayat yang memiliki arti kamar-kamar. Surah in itergolong surah madaniyah, yang berarti surah ini turun di madinah.

Surah Hujurat ayat 12

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

_______________________________________

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

Dalam tafsir jalalyn dijelaskan bahwa dalam surah ini Allah Subhanahu wa Taala menegur umatnya yang suka berprasangka buruk terhadap saudaranya atau orang lain atau disebut dengan suudzon, selain itu dalam ayat ini juga melarang untuk membicarakan keburukan orang lain atau disebut dengan Ghibah.

PELAJARI LEBIH LANJUT

Demikian jawaban kakak, semoga dapat membantu, nah adik-adik untuk soal-soal perkara agama lain, adik-adik bisa cek link dibawah ini yaa. Insha ALLAH jawaban-jawabannya khair karena sudah terverifikasi oleh team brainly . cekidot !

Lafaz dibawah ini yang berarti “dan pergaulilah mereka berdua” adalah.. brainly.co.id/tugas/17355642

Ayat yang diturunkan di Mekah sebelum diharamkan khamr adalah brainly.co.id/tugas/17336957

Jelaskan asbabun nuzul surah al imron ayat 190-191 brainly.co.id/tugas/17403499

Oke adik adik Semangat!!!

#optitimcompetition

………………………………………………………………………………………………………………………………………………

DETAIL JAWABAN

Kelas : XI

Pelajaran : Agama

Kategori : Bab 1 – Al-Qur’an sebagai Pedoman Hidup

Kode : 11.14.1

Kata Kunci : surah al hujarat ayat 12

Leave a Comment